Terancam Tergusur, Media China Klaim Momota Akan Bangkit seperti Lee Chong Wei

Sabtu, 30 Oktober 2021 13:50 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
© @bwfmedia
Kento Momota terancam tergeser dari puncak ranking tunggal putra dunia, media China mengklaim bahwa sang atlet bisa bangkit seperti Lee Chong Wei. Copyright: © @bwfmedia
Kento Momota terancam tergeser dari puncak ranking tunggal putra dunia, media China mengklaim bahwa sang atlet bisa bangkit seperti Lee Chong Wei.

INDOSPORT.COM – Kento Momota terancam tergeser dari puncak ranking tunggal putra dunia, tetapi media China mengklaim bahwa sang atlet bisa bangkit seperti Lee Chong Wei.

Melansir laman Sports Sina yang merupakan salah satu portal berita di Negeri Tirai Bambu, Kento Momota dan Lee Chong Wei memiliki kemiripan dari lika-liku perjalanannya sebagai pebulutangkis.

Selama berkarir Kento Momota memenangkan Kejuaraan Dunia 2018-2019, juara BWF World Tour Finals 2019, Juara China Open 2019, Juara Malaysia Masters 2020, dan masih banyak lagi.

Namun yang menjadi catatan, beragam gelar yang didapat Momota juga diiringi dengan perjalanan karier yang tidak mudah.

Awal mulanya  saat berada di puncak karier sebagai tunggal putra peringkat dua dunia, Momota gagal berpartisipasi di Olimpiade Rio 2016 karena terlibat skandal judi illegal.

Akibatnya dia bersama rekannya, Kenichi Tago, mendapatkan sanksi dari Federasi Bulu Tangkis di Jepang. Sanksi itu berupa larangan bertanding bulutangkis.

Barulah pada pertengahan Juli 2017, hukuman itu dicabut dan Momota mampu bangkit sebagai juara dunia dan beragam gelar lainnya.

Namun kejadian nahas menimpanya saat ia terlibat kecelakaan di Malaysia pada Senin (13/01/20). Akibat kecelakaan itu, wajah dan tubuh Momota mengalami cedera yang membuatnya harus melakukan operasi di bagian wajahnya.

Setidaknya, sejak operasi itu dilakukan, Kento Momota belum bisa kembali ke performa terbaiknya. Bahkan di Olimpiade Tokyo 2020, dia terhenti di babak penyisihan grup. 

Berlanjut di Piala Sudirman, Piala Thomas, hingga Denmark Open 2021. Momota beberapa kali kalah saat bertemu Lee Zii Jia, Kwang Hee Heo,  hingga Shi Yuqi.

Terakhir, pada Minggu (24/10/21) bahkan Viktor Axelsen bisa mengalahkan Kento Momota Setelah tujuh setengah tahun menanti.

Lantas, media China Sports Sina mengklaim bahwa Kento Momota bisa bangkit dan kembali ke performa terbaiknya seperti halnya legenda bulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei.