Rankingnya Dibalap Junior, Pebulutangkis Malaysia Tak Tinggal Diam

Kamis, 4 November 2021 12:35 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Robertus Pudyanto/Getty Images
Pebulutangkis Malaysia, Soong Joo Ven (Malaysia), ingin menaikkan ranking setelah hiatus dari kompetisi selama 8 bulan. Copyright: © Robertus Pudyanto/Getty Images
Pebulutangkis Malaysia, Soong Joo Ven (Malaysia), ingin menaikkan ranking setelah hiatus dari kompetisi selama 8 bulan.

INDOSPORT.COM – Mulai ketar-ketir karena ranking dibalap banyak juniornya, pebulutangkis tunggal putra non-Pelatnas Malaysia, Soong Joo Ven, mengaku siap berkompetisi kembali.

Karena pandemi Covid-19, Soong Joo Ven telah hiatus dari kompetisi setidaknya selama 8 bulan. Selama waktu tersebut, mengakibatkan rankingnya merosot tajam hingga 15 tangga ke posisi 75 dunia.

Lantas, pebulutangkis berusia 26 tahun itu mulai ketar-ketir karena sejumlah junior sudah melampaui pencapaiannya, seperti Cheam June Wei dan Ng Tze Yong.

Cheam June Wei saat ini berada di ranking 71 dunia. Sementara itu, Ng Tze Yong meroket naik ke ranking 68 dunia usai menjuarai Polish Open 2021 dan Belgian International Challenge 2021.

Sementara wakil Malaysia dengan ranking terbaik adalah Lee Zii Jia yang memuncaki posisi 8 besar, serta Daren Liew di ranking 34.

Soong Joo Ven pun sebenarnya sangat moncer saat berada di level junior. Tercatat, dia meraih medali perak Kejuaraan Asia 2012. Dia berada di angkatan Kento Momota.

Sayangnya, begitu naik ke level senior, prestasinya kurang bersinar. Peringkat terbaiknya adalah berada di posisi 51 dunia pada 2018. Saat karirnya mulai naik pada 2019, dia menderita cedera hamstring.

Alhasil, Soong Joo Ven harus rela dicoret oleh BAM dari Pelatnas pada awal 2020. Kini, berstatus sebagai pemain non-Pelatnas, ia pun menjaga ambisinya untuk terus berkompetisi demi memperbaiki ranking.

Melansir The Star, Soong Joo Ven akan  mengikuti Irish Open (17-20 November), Scottish Open (25-28 November) dan Welsh International (1-4 Desember).

“Saya tidak akan membiarkan ranking saya jatuh lebih jauh. Saya harus mulai bekerja keras lagi. Semoga saya bisa tampil baik di Eropa. Saya harus mengakui bahwa saya cukup gugup karena tidak berkompetisi sejak Maret,” ucapnya.