Daniel Marthin Pecahkan Rekor Smash BWF, Lewati Lee Chong Wei dan Viktor Axelsen

Selasa, 9 November 2021 14:33 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Isman Fadil
© Martin Gibsian/INDOSPORT
Pebulutangkis Indonesia, Daniel Marthin, belum lama ini memecahkan rekor dunia sebagai pemilik smash tercepat di turnamen resmi yang digelar BWF. Copyright: © Martin Gibsian/INDOSPORT
Pebulutangkis Indonesia, Daniel Marthin, belum lama ini memecahkan rekor dunia sebagai pemilik smash tercepat di turnamen resmi yang digelar BWF.

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis Indonesia, Daniel Marthin, belum lama ini memecahkan rekor dunia sebagai pemilik smash tercepat di turnamen resmi yang digelar BWF. Pasangan Leo Carnando di sektor ganda putra itu melakukan pukulan keras di pertandingan final Hylo Open 2021 kala menghadapi Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon

Kejadian tersebut terjadi pada awal set kedua. Menerima bola tanggung dari Kevin Sanjaya, Daniel Marthin langsung melepaskan smash keras yang tak bisa dihalau Marcus Fernaldi Gideon. 

Dari video yang diposting akun Youtube, BWF, Daniel Marthin melepaskan smash dengan kecepatan 426 km/jam. Catatan itu membuat pebulutangkis berusia 20 tahun ini menjadi pemilik rekor smash tercepat di pertandingan resmi BWF. 

Rekor yang dibuat Daniel Marthin membuat dirinya melewati catatan legenda Malaysia, Lee Chong Wei yakni 408 km/jam saat melakoni laga di Hong Kong Terbuka 2015. Pencapaian Lee Chong Wei itu pun diakui oleh BWF dan masuk ke Guinness World Records.

Sayang, Daniel Marthin bersama pasangannya Leo Rolly Carnando gagal menjadi juara Hylo Open 2021.

Ganda putra berjuluk The Babbies ini kalah dari seniornya yang juga pasangan ganda putra nomor satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dalam permainan straight game 21-14, 21-19.

Meski hanya menjadi runner-up, Leo/Daniel berhak naik tujuh tingkat ke urutan 28 ganda putra dunia berkat tambahan poin dari Hylo Open 2021. Ranking 28 dunia merupakan posisi tertinggi Leo/Daniel sejak dipasangkan pada 2018.