Indonesia Mundur dari Kejuaraan Dunia, Pebulutangkis Inggris Soroti Tak Adanya Drawing Ulang

Kamis, 9 Desember 2021 18:50 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis asal Inggris, Lauren Smith, menyoroti keputusan tidak adanya drawing ulang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021 menyusul mundurnya sederet pemain top, termasuk dari Indonesia.

Melalui akun Instagram-nya, Lauren Smith mengunggah postingan pebulutangkis Denmark, HK Vititnghus, yang sempat menyuarakan perlunya drawing ulang kompetisi Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021.

“Meminjam dari HK Vittinghus lagi, tetapi tentunya satu poin yang penting. Banyaknya pemain yang mundur membuat drawing tidak seimbang, namun ada banyak keraguan mengenai drawing ulang,” tulis Lauren Smith.

“Tentunya, ini sangat penting bahwa Kejuaraan Dunia perlu drawing yang seimbang?” lanjut pemain ganda campuran yang berpasangan dengan Marcus Ellis tersebut.

© Lauren Smith
Wakil Indonesia dan Momota Mundur, Lauren Smith Soroti Tak Adanya Drawing Ulang di Kejuaraan Dunia Copyright: Lauren SmithWakil Indonesia dan Momota Mundur, Lauren Smith Soroti Tak Adanya Drawing Ulang di Kejuaraan Dunia

Vittinghus sendiri sebelumnya memang sempat mengomentari federasi dunia BWF yang menyatakan tidak akan ada undian ulang di Kejuaran Dunia 2021.

Hal tersebut berarti pebulutangkis yang seharusnya menghadapi pemain-pemain Indonesia akan langsung lolos ke babak berikutnya.

“Tidak terkejut karena pada dasarnya saya tidak pernah mengalami drawing ulang dalam 15 tahun saya di tur kecuali ada kesalahan,” tulis Vittinghus di Instagram Story-nya.

“Tetapi dengan 3 dari 4 unggulan tertinggi di bagian atas mundur pada tunggal putra sementara tidak ada yang mengundurkan diri dari bagian bawah, saya hanya tidak mengerti mengapa tidak melakukan drawing ulang?”

“Itu akan memberikan persaingan yang jauh lebih adil dan juga akan memberikan tontonan yang lebih baik untuk semua pemirsa. Adakah yang bisa memberitahu saya mengapa drawing ulang adalah ide yang buruk?” sambungnya.

Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021 sendiri memang menjadi topik panas menyusul dengan mundurnya 13 wakil Indonesia karena kekhawatiran varian baru COVID-19, Omicron, yang tengah merebak di Eropa.