Tak Ada Kejuaraan Nasional, PBSI Gelar Seleksi untuk Jaring Pebulutangkis Baru

Kamis, 23 Desember 2021 18:21 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© PBSI
Marcus Gideon/Kevin Sanjaya kalah di final BWF World Tour Final 2021. Copyright: © PBSI
Marcus Gideon/Kevin Sanjaya kalah di final BWF World Tour Final 2021.

INDOSPORT.COM - PP PBSI siap menggelar Seleksi Nasional (Seleknas) di Cipayung, Jakarta Timur, pada 10-15 Januari 2022. Seleknas diadakan sebagai pengganti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) yang batal digelar di tahun ini lantaran pandemi Covid-19 masih merebak.

Seleknas ini juga diadakan sebagai bentuk proses regenerasi dan promosi-degradasi tahun 2022. Oleh karenanya, seleknas tentu menyasar kepada talenta-talenta muda Tanah Air.

Nantinya, akan ada dua kategori yang dipertandingkan, yakni kategori dewasa untuk atlet kelahiran 2022 dan 2003, lalu kategori taruna untuk atlet kelahiran 2004 ke atas.

"Kami akan mengadakan Seleknas sebagai pengganti dari Kejurnas khusus tahun ini," kata Rionny Mainaky, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI.

"Tahun ini kami tidak bisa menggelar Kejurnas karena di setiap provinsi juga tidak mengadakan Kejurprov sebagai syarat menggelar Kejurnas. Ini juga karena dampak pandemi Covid-19 yang membuat kejuaraan-kejuaraan lokal tidak bisa diselenggarakan."

"Atlet kelahiran 2002 dan 2003 akan kami gabung dalam satu kategori kompetisi, dan kategori lain untuk atlet kelahiran 2004 dan seterusnya. Format pertandingan adalah round robin dan knock out."