2 Atletnya Terpapar Covid-19 Jelang India Open 2022, BAI Langsung Beri Pernyataan

Senin, 10 Januari 2022 14:25 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/Indosport.com
Jelang India Open 2022, Asosiasi Bulu Tangkis India (BAI), bakal memperketat protokol kesehatan menyusul 2 atlet India mundur  usai terpapar virus Covid-19. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/Indosport.com
Jelang India Open 2022, Asosiasi Bulu Tangkis India (BAI), bakal memperketat protokol kesehatan menyusul 2 atlet India mundur usai terpapar virus Covid-19.

INDOSPORT.COM – Menjelang India Open 2022, Asosiasi Bulu Tangkis India (BAI), bakal memperketat protokol kesehatan menyusul dua atlet India mundur usai terpapar Covid-19.

Diketahui, India Open 2022 akan berlangsung di New Delhi pada 11-16 Januari 2022. Sayangnya, dua atlet India mundur usai terpapar virus Covid-19 beberapa hari menjelang turnamen.

Mereka adalah tunggal putra Sai Praneeth dan ganda campuran, Dhruv Rawat. Keduanya dikonfirmasi positif dua hari sebelum kick-off India Open 2022.

Berdasarkan keterangan BAI, Sai Praneeth dan Dhruv Rawat saat ini sedang menjalani isolasi di rumah usai mengalami gejala ringan termasuk pilek dan batuk.

Masalahnya, Sai Praneeth dan Dhruv Rawat bukan satu-satunya atlet yang harus absen dari India Open 2021 lantaran terpapar virus Covid-19. Sebelumnya, kabar buruk juga datang dari ganda putra Inggris Ben Lane/Sean Vendy.

Ganda putra ranking 18 dunia itu secara resmi mundur dari India Open 2022 usai Sean Vendy dan pelatihnya, Nathan Robertson, terkonfirmasi positif virus Covid-19.

Melihat temuan kasus positif yang menimpa sejumlah atlet bulutangkis, pihak BAI dan BWF bekerja sama untuk memperketat protokol kesehatan demi India Open 2022.

“Kami telah menerima penarikan Sai Praneeth dan Dhruv Rawat karena kedua pemain dinyatakan positif Covid-19,” ucap Sekretaris  BAI, Ajay Singhania, dari Twitter resminya, @BAI_Media, Senin (10/1/22).

“Kami memantau dengan ketat dan wajib bagi semua pemain untuk memperbarui laporan rt pct mereka sebelum sampai ke New Delhi.  Kami juga melakukan tes sebelum semua orang memasuki  stadion,” pungkas pernyataan BAI.

Selain karena adanya beberapa atlet yang terpapar Covid-19 jelang India Open 2022, situasi pandemi di India sudah terlebih dulu mengkhawatirkan.

Pasalnya, India saat ini tengah mengalami lonjakan kasus Covid-19. Melansir Reuters, Kementerian Kesehatan India telah melaporkan 22.775 kasus baru Covid-19, Sabtu (1/1/22). 

Akibatnya, turnamen bulutangkis domestik di India pun mengalami vakum penyelenggaraan menyusul ditemukannya beberapa pemain yang dinyatakan positif Covid-19.