Catatkan Sejarah, Juara Paralimpiade Tokyo 2020 Raih Penghargaan Bergengsi

Jumat, 28 Januari 2022 11:25 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Peraih medali emas Paralimpiade Tokyo 2020 asal India, Pramod Bhagat, terharu karena dianugerahi penghargaan, Padma Shri, atas prestasinya di bidang olahraga.

Melansir Times of India, Pramod Bhagat menjadi pemain para-bulutangkis pertama yang menerima penghargaan sipil tertinggi keempat India tersebut.

Atas penghargaan Padma Sri tersebut, Pramod Bhagat menyambut kabar tersebut dengan rasa haru dan penuh ucapan terima kasih.

“Saya sangat senang. Ini adalah kehormatan besar bagi saya. (penghargaan) ini akan memotivasi dan menginspirasi pemain seperti saya,” ucap Pramod Bhagat.

“(penghargaan) ini akan juga menginspirasi saya untuk bekerja keras dan melakukan upaya ekstrea dalam pelatihan menuju Asian Games dan Kejuaraan Dunia yang dijadwalkan tahun ini,”Imbuhnya.

Pada hajatan Paralimpiade Tokyo 2020, Pramod Bhagat membuat sejarah bagi negaranya ketika menjadi pebulutangkis India pertama yang menyabet medali emas di ajang Paralimpiade.

Pada partai final tunggal putra kelas SL3 yang berlangsung pada Sabtu (4/9/21), Pramod Bhagat mampu mengalahkan pebulutangkis Daniel Bethell dari Inggris dengan skor 21-14, 21-17.

Atas prestasinya itu, Pramod Bhagat dianugerahi beragam penghargaan bergengsi di India. Selain Padma Shri, dia memenangkan Penghargaan Arjuna atau penghargaan tertinggi kedua di India tahun 2019.

Pramod Bhagat juga telah memenangi Penghargaaan Mayor Dhyan Chand Khel Ratna atau penghargaan olahraga tertinggi di India pada 2021.

Terlepas dari karier gemilang dan rentetan penghargaan yang didapat, Pramod Bhagat seorang pengidap polio sejak berumur lima tahun.

Polionya itu tak kunjung sembuh karena kurangnya pengetahuan tentang upaya penyembuhan. Namun, Pramod Bhagat tak menyerah begitu saja dan memilih bermain bulutangkis dengan tetangganya.

Meski kesulitan pada awalnya, Pramod Bhagat kian menyukai bulutangkis yang membuat hidupnya lebih berwarna. Bahkan mengantarkannya menjadi pemenang Paralimpiade Tokyo 2020.