In-depth

Kembali Tersingkir di Korea Open 2022, Ginting Lanjutkan Inkonsistensi yang Konsisten

Selasa, 5 April 2022 15:50 WIB
Editor: Juni Adi
© Shi Tang/Getty Images
Pertandingan antara Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia) vs Kunlavut Vitidsarn (Thailand) di Thailand Open 2021. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Pertandingan antara Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia) vs Kunlavut Vitidsarn (Thailand) di Thailand Open 2021.

INDOSPORT.COM -  Anthony Ginting kembali harus mengalami nasib kurang beruntung setelah tersingkir dari Korea Open 2022.

Wakil Indonesia terus tancap gas usai menjalani turnamen tour Eropa, Swiss Open 2022 pekan lalu. Tanpa pulang ke Tanah Air, para pebulutangkis andalan Merah Putih langsung bertolak menuju Korea Selatan.

Untuk menjalani salah satu turnamen bulutangkis bergengsi lainnya, Korea Open 2022 yang berlangsung pada 05 hingga 10 April 2022 di Palma Stadium, Suncheon, Korea Selatan.

Para peserta akan berusaha merebut gelar sekaligus mendapatkan total hadiah senilai US$360 ribu.

Beberapa nama unggulan seperti pasangan Hendra Setiawan/Mohamad Ahsan, Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting siap tampil. 

Namun harapan menyapu bersih gelar di semua sektor pada Korea Open 2022 kali ini harus pupus.

Nama-nama unggulan dari tim Indonesia berguguran di babak pertama, salah satunya adalah Anthony Ginting.

Padahal sejumlah nama-nama top absen seperti Axelsen, Kento Momota, Chou Tien Chen, Lee Ji Zia. Mereka tidak tampil dalam turnamen level super 500 ini. Demikian pula beberapa pasangan ganda yang lain. 

Anthony Ginting dikalahkan oleh wakil Prancis non unggulan, Lucas Claerbout. Ia kalah dalam dua set langsung 16-21 dan 13-21.

Di awal set pertama, pertandingan berjalan sengit. Namun Ginting berhasil unggul 3-1 atas Claerbout.

Akan tetapi keunggulan Ginting tidak bertahan lama, setelah Claerbout membalikkan keadaan menjadi 4-5.

Tak tinggal diam, Ginting berhasil mengejar poin dan unggul 8-6. Sayang jelang interval Ginting harus tunduk 9-11.

Usai jeda, Ginting coba memangkas poin. Upayanya sempat berhasil dengan menjadikan skor tipis 14-15. Akan tetapi Ginting mulai sering melakukan keslahan, sehingga banyak memberikan poin kepada Claerbout.

Alhasil, Ginting gagal mengamankan kemenangan di gim pertama. Pria asal Bandung itu menelan kekalahan 16-21 dari Claerbout, dan membuatnya harus berjuang di gim kedua.

Memasuk set kedua, pertandingan lagi-lagi berjalan sengit di menit awal. Akan tetapi Ginting lagi-lagi kembali tertinggal 7-10.

Usai jeda, Ginting secara perlahan mampu mengejar ketertinggalan dari Lucas Claerbout skor menjadi 13-14.

Usaha Ginting untuk mendapatkan kemenangan pun harus pupus. Pasalnya, Ginting harus menelan kekalahan 13-21 dari Claerbout.