Legenda Lee Chong Wei Buka Peluang Jadi Pelatih, Singapura Sudah Gerak Cepat?

Rabu, 6 April 2022 04:59 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Visual China Group via Getty Images
Legenda tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, dikabarkan menjadi incaran tim pelatnas Asosiasi Bulutangkis SIngapura (SBA) untuk ditunjuk sebagai pelatih. Copyright: © Visual China Group via Getty Images
Legenda tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, dikabarkan menjadi incaran tim pelatnas Asosiasi Bulutangkis SIngapura (SBA) untuk ditunjuk sebagai pelatih.

INDOSPORT.COM -  Legenda tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, dikabarkan menjadi incaran tim pelatnas Asosiasi Bulutangkis SIngapura (SBA) untuk ditunjuk sebagai pelatih.

Lee Chong Wei bukanlah nama yang asing terdengar di kalangan pecinta bulutangkis. Kiprahnya sebagai atlet, mengantarkannya sebagai salah satu tunggal putra tersukses di dunia.

Lee Chong Wei adalah peraih medali perak Olimpiade dalam 3 edisi (Beijing 2008, London 2012, Rio 2016).  Dia juga menjadi juara All England empat kali, serta beragam gelar tak terhitung lainnya.

Sayangnya, Lee Chong Wei harus pensiun pada 13 Juni 2019 lalu lantaran menderita kanker hidung. Sejak itu, Lee Chong Wei mengaku telah mendapatkan tawaran melatih dari negara-negara Asia.

Melansir New Straits Time, kendati mendapatkan banyak tawaran, hingga saat ini, Lee Chong Wei belum memutuskan apapun.

Namun, bisa menjadi kerugian besar bagi Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) seandainya Lee Chong Wei benar-benar menerima pinangan negara lain untuk melatih.

Karena tak bisa dihapus dari sejarah, kemampuan dan prestasi Lee Chong Wei, menjadikan sosoknya sebagai panutan pebulutangkis Malaysia.

“Saya hanya dapat mengungkapkan bahwa saya telah ditawari oleh beberapa negara Asia untuk menjadi pelatih nasional mereka,” kata Lee Chong Wei melansir New Straits Time.

“Belum ada keputusan yang dibuat. Namun saya telah berdiskusi dengan beberapa dari mereka. Bulutangkis mengalir dalam darah saya, dan itu merupakan olahraga yang saya sukai. Siapa yang tahu?” sambungnya.

Dalam pernyataannya, Lee Chong Wei saat ini akan memprioritaskan keluarganya dalam mengambil keputusan. Karena sejak pensiun, pria berusia 40 tahun itu bergelut dengan bisnis keluarga.