Dituding Pilih Kasih soal Skuat Badminton Asia Championships, Ini Alasan BAM

Rabu, 13 April 2022 20:16 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Garfis: Yanto/INDOSPORT
BAM akhirnya buka suara setelah dua pebulu tangkis independen mengaku kecewa karena tidak dimasukkan dalam skuat Badminton Asia Championships (BAC) 2022. Copyright: © Garfis: Yanto/INDOSPORT
BAM akhirnya buka suara setelah dua pebulu tangkis independen mengaku kecewa karena tidak dimasukkan dalam skuat Badminton Asia Championships (BAC) 2022.

INDOSPORT.COM – Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) akhirnya buka suara setelah dua pebulu tangkis independen mengaku kecewa karena tidak dimasukkan dalam skuat Badminton Asia Championships (BAC) 2022.

Pada Selasa (13/04/22) kemarin, Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) telah resmi merilis daftar nama pebulu tangkis Negeri Jiran yang diikutsertakan ke ajang Badminton Asia Championships 2022.

Nama Soong Joo Ven dan Goh Jin Wei tidak ada dalam dafta tersebut. Padahal mereka menjadi salah satu dari empat peringkat teratas pemain tunggal putra dan putri di negara tersebut.

Joo Ven berada di peringkat keempat nasional dalam peringkat dunia tunggal putra, sementara Jin Wei berada di peringkat ketiga tunggal putri.

Joo Ven sebelumnya mengungkapkan kekecewaannya karena mendapati ada nama-nama pemain yang berperingkat lebih rendah darinya justru dipilih untuk mengikuti turnamen.

Diketahui pada sektor tunggal putra, BAM mengandalkan peringkat 7 dunia Lee Zii Jia, Liew Daren (35 dunia), dan Ng Tze Yong (45).

Namun BAM memanggil Aidil Sholeh Ali Sadikin, yang ternyata menempati peringkat keenam nasional, yang bahkan posisinya di belakang Cheam June Wei (72).

Setelah mendengar kekecewaan yang diungkapkan kedua pebulu tangkis tersebut, BAM melaui direktur kepelatihan tunggal Wong Choong Hann menegaskan bahwa keputusan pemilihan skuat BAC sudah bulat.

“Tidak seperti turnamen Open, BAM, sebagai asosiasi anggota, memiliki hak prerogatif untuk mencalonkan pemain untuk BAC,” kata Choong Hann dilansir dari NST.

BAM menjelaskan bahwa alasan asosiasi tidak menyertakan Song Joo Ven dan Goh Jin Wei karena kedua pemain ini tidak lolos kriteria.