Terungkap! Ini Alasan Taufik Hidayat Mundur dari PBSI

Jumat, 15 April 2022 06:10 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Juni Adi
© Bay Ismoyo/AFP via Getty Images
Legenda pebulutangkis tunggal putra Indonesia Taufik Hidayat. Copyright: © Bay Ismoyo/AFP via Getty Images
Legenda pebulutangkis tunggal putra Indonesia Taufik Hidayat.

INDOSPORT.COM - Mantan bulutangkis Indonesia, Taufik Hidayat buka-bukaan soal alasan dirinya mengundurkan diri sebagai staf ahli Pembinaan dan Prestasi (Binpres) Pengurus Pusat Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI).

Salah satu alasannya adalah karena Taufik Hidayat merasa dirinya hanya sebagai pajangan. Peraih medali emas Olimpiade Athena itu mengaku selama menjadi staf ahli Binpres di PP PBSI 2020-2024 dia kurang mendapatkan kesempatan mengeluarkan pendapat.

"Sebagai staf ahli Binpres tidak pernah diajak rapat, bahkan tidak dimintai masukan saat penentuan atlet maupun pelatih. Kalau cuma jadi pajangan buat apa, mending di luar (PBSI)," ujar Taufik dilansir dari Antara.

Salah satu legenda hidup bulutangkis Indonesia itu mengaku sebenarnya berharap bisa membantu semaksimal mungkin dalam induk organisasi bulu tangkis Indonesia itu sesuai dengan keahliannya.

"Sebagai staf ahli Binpres, minimal ditanya masukan dan pendapatnya. Diterima atau tidak soal usulan, itu tergantung dari hasil keputusan. Jadi ada mekanismenya," sambungnya lagi.

Saat proses promosi-degradasi pemain dan pemilihan pelatih untuk pelatnas 2022, Taufik mengaku kembali tidak dilibatkan. 

Hal itulah yang kemudian membuat bapak dua anak ini bulat memutuskan mengundurkan diri.  Menantu mantan Ketua Umum PSSI Agum Gumelar itu mengaku pengunduran diri disampaikan lewat surat resmi kepada PBSI. 

Selain itu dia juga berkomunikasi dengan pengurus teras induk organisasi yang diketuai Agung Firman Sampurna itu. Meski mundur Taufik menyatakan tetap mengabdikan diri kepada perkembangan bulu tangkis Indonesia.

Taufik juga Wakil Ketua Pengprov PBSI Jawa Barat dan Ketua Umum PB SGS yang melahirkan banyak pebulu tangkis nasional seperti Anthony Ginting dan Fajar Alfian.