Profil Tim Piala Thomas dan Uber 2022: Indonesia, Pertahankan Gelar dan Buat Kejutan?

Rabu, 4 Mei 2022 18:13 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Bertempat di Bangkok, Thailand mulai 8-15 Mei 2022 akan berlangsung Piala Thomas dan Uber 2022. Berikut profil salah satu kandidat juara, Indonesia. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Bertempat di Bangkok, Thailand mulai 8-15 Mei 2022 akan berlangsung Piala Thomas dan Uber 2022. Berikut profil salah satu kandidat juara, Indonesia.

INDOSPORT.COM - Bertempat di Bangkok, Thailand mulai 8-15 Mei 2022 akan berlangsung Piala Thomas dan Uber 2022. Berikut profil salah satu kandidat juara, Indonesia.

Kurang dari setahun, pencinta bulutangkis kembali disajikan perhelatan kompetisi bulutangkis beregu tertua di dunia, yakni Piala Thomas dan Uber.

Ya, seperti diketahui sebelumnya, sebenarnya Piala Thomas dan Uber yang bergulir dua tahun sekali baru saja berlangsung pada Oktober 2021.

Hal itu terjadi lantaran adanya pandemi virus corona, yang membuat perhelatan Piala Thomas dan Uber 2020 diundur dan baru terlaksana di Denmark pada 2021 lalu.

Sama seperti edisi sebelumnya, Piala Thomas dan Uber 2022 akan kembali diikuti oleh tim putra dan putri yang berasal dari 16 negara, yang berasal dari benua Asia, Eropa, Amerika, dan Afrika.

Indonesia sebagai salah satu kiblat bulutangkis dunia pun menjadi salah satu negara yang diunggulkan untuk bisa meraih gelar juara.

Dari sektor Piala Thomas, Indonesia nantinya lebih dulu melewati fase penyisihan Grup. Para putra terbaik Indonesia akan berhadapan dengan Korea Selatan, Singapura, dan tuan rumah Thailand.

Sementara untuk Piala Uber, para putri terbaik Indonesia akan berhadapan dengan Jepang, Prancis, dan Jerman dalam babak penyisihan Grup A.

Rekam Jejak

Secara sejarah, Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat kuat di Piala Thomas. Tidak mengherankan memang, mengingat sudah 20 kali Indonesia berhasil menembus partai final sejak Piala Thomas bergulir pada 1949 silam.

Hebatnya lagi, dari total 20 pertandingan final tersebut, sebanyak 14 kali bendera Indonesia berhasil berkibar di podium teratas. Catatan itu juga masih membuat Indonesia sebagai negara yang paling sering menjuarai Piala Thomas.

Terbaru, tim putra Indonesia baru saja berhasil menjuarai Piala Thomas 2020 lalu, yang sekaligus mengakhiri puasa gelar juara selama 18 tahun.

Beralih ke tim putri, Indonesia juga punya prestasi yang tak sembarangan di Piala Uber. Tercatat wakil Tanah Air menjadi runner up negara yang sering menembus final Piala Uber.

Total sudah ada 10 final Piala Uber yang menampilkan aksi wakil Indonesia. Sayangnya, hanya 3 edisi saja yang berhasil dimenangkan, sementara sisanya hanya berakir dengan status runner up.

Sedikit catatan miris untuk tim putri Indonesia adalah sudah lama tidak pernah menjuarai Piala Uber. Terakhir kali Indonesia menjuarai Piala Uber adalah pada edisi 1996, yang berarti sudah 24 tahun trofi Piala Uber tak kembali ke Tanah Air.