In-depth

Termasuk Sang Juara Dunia, Ini 3 Tunggal Putri Indonesia yang Sempat Rajai BWF

Selasa, 17 Mei 2022 22:03 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Humas PBSI
Tiga tunggal putri Indonesia yang mampu tampil bersinar dan rajai sejumlah kompetisi BWF termasuk juara dunia. Siapa sajakah mereka? Copyright: © Humas PBSI
Tiga tunggal putri Indonesia yang mampu tampil bersinar dan rajai sejumlah kompetisi BWF termasuk juara dunia. Siapa sajakah mereka?

INDOSPORT.COM – Melihat tiga tunggal putri bulutangkis Indonesia yang mampu tampil bersinar dan rajai sejumlah kompetisi BWF termasuk juara dunia. Siapa sajakah mereka?

Dalam beberapa tahun terakhir, atlet bulutangkis putri Indonesia memang belum menunjukkan tajinya kala berkompetisi di turnamen BWF.

Bahkan pada ranking terbaru di tahun 2022 ini, tidak ada satupun pebulutangkis putri Indonesia yang mampu bertengger di urutan lima besar.

Peringkat tertinggi tunggal putri Indonesia saat ini masih dipegang Gregoria Mariska Tunjung, di mana atlet bulutangkis berusia 22 tahun itu berada di urutan ke-30 dengan perolehan 48991 poin.

Kurang bertajinya tunggal putri Indonesia juga terlihat di ajang Piala Uber 2022. Di mana Srikandi Tanah Air tak mampu lolos ke partai final usai terhenti oleh China pada perempat final.

Bahkan sejak tahun 2008 silam, tim Indonesia belum pernah lagi tampil di partai puncak. Malah jika dilihat lebih jauh lagi, Indonesia sudah sangat lama rasakan gelar juara Piala Uber.

Tepatnya pada tahun 1996, di mana saat itu Indonesia sukses mengalahkan tim kuat China dengan skor 4-1 pada babak final.

Berkaca dari pencapaian Piala Uber 1996 yang menjadi juara, sejatinya bulutangkis Indonesia terutama di sektor tunggal putri, sempat rasakan kejayaan bahkan mendominasi sejumlah turnamen akbar.

Salah satunya adalah Mia Audina, tunggal putri yang eksis di era 90-an mampu mengharumkan nama Indonesia usai meraih beberapa gelar juara.

Seperti medali Perak Olimpiade Atlanta 1996, Juara Indonesia Terbuka 1998, Juara Jepang Terbuka 1997, Juara Singapura Terbuka 1997, termasuk jadi bagian Timnas Indonesia di ajang Piala Uber 1994 dan 1996.

Selain Mia Audina, masih ada tiga pemain tunggal putri Indonesia lain yang juga sempat bersinar di panggung BWF. Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkum: