Viral! Hadiah Bulutangkis Putra dan Putri Malaysia Beda Jauh, Netizen: Sedikit Banget!

Kamis, 2 Juni 2022 12:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Lars Ronbog / FrontZoneSport via Getty Images
Ilustrasi bulutangkis dan raket. Copyright: © Lars Ronbog / FrontZoneSport via Getty Images
Ilustrasi bulutangkis dan raket.

INDOSPORT.COM - Viral di media sosial, nominal hadiah bulutangkis sektor putra dan putri di Malaysia berbeda jauh. Netizen juga kaget melihat total hadiah yang sedikit.

Sebagaimana diketahui, Indonesia adalah salah satu negara panutan untuk cabang olahraga bulutangkis. Mulai pembinaan, banyak turnamen, dan juga hadiahnya.

Apalagi jika seorang atlet bulutangkis bisa berprestasi di kancah dunia, bonus ratusan juta hingga miliaran bakal menghampirinya.

Namun rupanya, apresiasi yang tinggi bagi atlet bulutangkis di Indonesia, jauh berbeda dengan nominal hadiah yang diterima para atlet muda bulutangkis Malaysia.

Seperti baru-baru ini, viral di media sosial bahwa nominal hadiah Petronas Malaysia U-21 National Championship 2022, jelas 'tidak adil' antara sektor putra dan putri.

Isu gender ini coba diangkat oleh akun Twitter @ZonaBulutangkis, dan ditanggapi serius oleh ratusan netizen di Tanah Air.

"Badminton Malaysia masih membedakan jumlah hadiah untuk pemain putra dan putri. Yang putra mainnya sampai 5x21 apa gimane? Gender issue in sports," tulisnya.

Dalam unggahan tersebut, nampak hadiah untuk runner up putra mencapai 750 Ringgit Malaysia, sementara persih titel runner up putri hanya mengantongi 500 Ringgit saja.