Media Malaysia Soroti Isu Atlet Keracunan Massal di Indonesia Masters 2022

Sabtu, 11 Juni 2022 14:17 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Beredarnya isu atlet-atlet keracunan di ajang Indonesia Masters 2022 telah mendapatkan sorotan dari berbagai pihak, termasuk dari media Malaysia, The Sun Daily. Copyright: © PBSI
Beredarnya isu atlet-atlet keracunan di ajang Indonesia Masters 2022 telah mendapatkan sorotan dari berbagai pihak, termasuk dari media Malaysia, The Sun Daily.

INDOSPORT.COM –  Beredarnya isu para atlet keracunan di ajang Indonesia Masters 2022, telah mendapatkan sorotan dari berbagai pihak, termasuk dari media Malaysia, The Sun Daily.

Diketahui, perhelatan turnamen bulutangkis Indonesia Masters 2022 pada 7-12 Juni memang sedikit ternoda dengan adanya pengakuan Chan Peng Soon yang mengaku mengalami keracunan makanan.

Ganda campuran asal Malaysia itu mundur atau walkover dari Indonesia Masters 2022. Dilansir dari Full Sports Network, Chan Peng Soon mengalami kondisi ketidaknyamanan fisik akibat keracunan makanan.

“Seharusnya keracunan makanan. Saya mulai merasa tidak enak badan tengah malam tadi. Saya mengalami beberapa kali muntah dan diare. Saya sedang beristirahat sekarang,” ucap Chan Peng Soon.

Media The Sun menyebut ada lima pebulu tangkis Malaysia dan Thailand  yang merupakan kontestan Indonesia Masters 2022, telah mencari perawatan rumah sakit karena kondisi yang diduga keracunan makanan.

Lantas, Direktur Kepelatihan Sektor Ganda Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), juga membenarkan adanya kejadian beberapa anak didiknya tumbang di Jakarta.

“Mereka telah diizinkan untuk kembali ke hotel (Century dan Fairmont), namun (kondisinya) masih lemah,” ucap Rexy Mainaky melansir laman Bernama.

Di antara ramainya pemberitaan, tetapi para pebulutangkis atau manajer tim yang terkena dampak dari isu keracunan makanan itu, belum mengadukan laporan resmi apapun kepada pihak penyelenggara Indonesia Masters 2022.

Hal itu diutarakan oleh juru bicara Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Broto Happy Wondomisnowo.

"Sampai sejauh ini, kami tidak menerima laporan resmi dari pemain atau tim menyangkut dugaan keracunan makanan yang menimpa beberapa pemain negara asing. Kami tahunya malah dari sosial media," tutur Broto dalam jumpa pers di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (10/06/22) sore.

Broto Happy juga menyatakan ikut empati dan prihatin atas kejadian yang menimpa pebulu tangkis Malaysia dan Thailand di Indonesia Masters 2022 ini.