In-depth

Profil Minarti Timur, Pebulutangkis Putri Merah Putih yang Paling Sering Juara Indonesia Open

Kamis, 16 Juni 2022 09:27 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© John Gichigi /Allsport
Minarti Timur kala berpasangan dengan Tri Kusharjanto di All England. Copyright: © John Gichigi /Allsport
Minarti Timur kala berpasangan dengan Tri Kusharjanto di All England.

INDOSPORT.COM - Berikut profil mantan atlet bulutangkis putri tanah air yakni Minarti Timur yang sukses meraih gelar juara Indonesia Open paling banyak dalam sejarah.

Saat ini Istora Senayan, Jakarta sedang menjadi tuan rumah turnamen bulutangkis BWF World Tour Super 1000 yaitu Indonesia Open 2022 yang berlangsung sejak 14 Juni lalu hingga 19 Juni 2022 mendatang.

Indonesia Open merupakan turnamen bulutangkis tahunan yang pertama kali digelar pada 1982 silam di Jakarta. Ajang ini menjadi bagian dari seri super BWF pada tahun 2007 silam.

Ajang ini selalu didominasi oleh pebulutangkis Indonesia, termasuk legenda bulutangkis putri Susi Susanti. Akan tetapi, ia bukanlah yang tersukses, melainkan ada sosok yang lebih hebat yakni Minarti Timur.

Perempuan yang akrab disapa Meme ini adalah mantan pemain bulutangkis tanah air spesialis ganda campuran. Ia lahir pada 24 Maret 1968 silam di Surabaya, Jawa Timur.

Saat masih muda, Minarti Timur berhasil menjuarai banyak kejuaraan internasional dengan pasangan berbeda. Dirinya meraih gelar juara saat berpasangan Tri Kusharjanto, Bambang Supriyanto, dan Sandiarto.

Prestasi pertama Minarti Timur diraih ketika mengikuti ajang bulutangkis Belanda Open 1990 silam. Namun prestasinya semakin melesat setelah memilih pindah ke ganda campuran pada tahun 1994 silam.