In-depth

Tak Hanya Yeremia Rambitan, 5 Pebulutangkis Indonesia yang Pernah Cedera ACL

Minggu, 19 Juni 2022 09:06 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tak hanya Yeremia Rambitan, berikut 5 pebulutangkis Indonesia yang juga pernah mengalami cedera ACL. Ada yang pulih dan kembali bermain, ada pula yang pensiun. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tak hanya Yeremia Rambitan, berikut 5 pebulutangkis Indonesia yang juga pernah mengalami cedera ACL. Ada yang pulih dan kembali bermain, ada pula yang pensiun.

INDOSPORT.COM – Tak hanya Yeremia Rambitan, berikut 5 pebulutangkis Indonesia yang juga pernah mengalami cedera ACL. Ada yang pulih,  tapi ada pula yang pensiun dini.

Nasib pilu dialami oleh pebulutangkis ganda putra Indonesia, Yeremia Rambitan, saat tampil di babak perempat final Indonesia Open 2022, Jumat (17/06/22). Seperti diketahui, di babak tersebut Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan berhadapan dengan wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Sempat merebut set pertama dengan 21-14, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan kalah 12-21 di set kedua sehingga laga pun dilanjutkan ke set ketiga. Di set penentuan itu, Pramudya/Yeremia kembali tampil apik. Mereka pun sudah di ambang kemenangan ketika mencapai match point 21-17.

Namun, di momen krusial ini, petaka terjadi. Dalam upayanya menyambar shuttlecock di depan net, Yeremia kehilangan keseimbangan dan terjatuh di lapangan samb. Laga pun terhenti dan dokter BWF kemudian memberikan perawatan.

Seusai dirawat, Yeremia memutuskan untuk kembali melanjutkan pertandingan. Namun, kondisinya menurun drastis dengan ia tak mampu banyak bergerak di lapangan.

Dalam situasi seperti ini, Aaron/Soh pun berhasil menambah dua poin tambahan sehingga kedudukan menjadi imbang 20-20, dan akhirnya pasangan Malaysia itu berbalik menang 22-20.

Sesuai laga, Yeremia Rambitan pun langsung berbaring di lapangan. Usai dihampiri kubu lawan termasuk pelatih Malaysia, Rexy Mainaky, Yeremia pun dibawa keluar lapangan dengan kursi roda sambil berlinang air mata.

“Dari hasil MRI pada Jumat malam lalu, ACL-nya robek sekitar 50 persen,” ungkap pelatih ganda putra donesia, Herry IP. “Untuk cedera seperti itu, masa pemulihannya biasanya lama, minimal sekitar enam bulan," lanjut sang pelatih.

Cedera ACL sendiri bukanlah cedera yang asing bagi pebulutangkis Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, tercatat ada sedikitnya 5 pebulutangkis Tanah Air yang mengalaminya.

Beberapa di antaranya berhasil pulih dan kini telah kembali bermain, meski ada pula yang berkepanjangan hingga akhirnya pensiun dini. Siapa saja pebulutangkis Indonesia yang juga pernah mengalami cedera ACL? Berikut ulasannya: