Idaman! Tak Hanya Jago Bulutangkis, Pramudya Rajin Baca Buku karena Hal Ini

Senin, 11 Juli 2022 15:52 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Pasangan ganda campuran Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich YY Rambitan di SEA Games Vietnam 2021. Foto: PBSI Copyright: © PBSI
Pasangan ganda campuran Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich YY Rambitan di SEA Games Vietnam 2021. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Tak hanya jago bermain bulutangkis, Pramudya Kusumawardana jadi idaman banyak wanita karena memiliki hobi membaca buku, di mana pun ia berada.

Beberapa waktu lalu, atlet ganda putra Indonesia, Pramudya Kusumawardana menjadi sorotan karena mengisi waktu karantina dengan membaca banyak buku.

Partner Yeremia Rambitan itu bahkan tak ragu membawa buku bacaan saat turnamen di luar negeri, atau ketika sedang hang out.

Kepada PB Djarum, Pramudya mengaku kebiasaan membaca buku baru beberapa tahun terakhir ia lakukan. Ia memiliki alasan khusus mengapa gemar membaca buku.

Selain karena alasan introvert, ada masa di mana Pramudya merasa tidak berkembang dan sering kalah saat bertanding, padahal ia sudah menerapkan taktik dari pelatih.

Pramudya juga sudah mencoba meminta saran dari orang-orang terdekat, hanya saja prestasinya tetap jalan di tempat. Bahkan, ia sudah menduga akan dicoret dari Pelatnas.

Di tengah situasi pelik itu, Pramudya coba membangun mentalnya dengan membaca buku-buku motivasi, dan tetap rajin berlatih.

"Kayaknya suka baca buku gara-gara pas down itu, nggak ada yang ngebilangin saya di posisi itu harus bagaimana, saya sharing ke orang tua, tapi nggak dapat advice."

"Pelatih juga bilang ini bukan lagi berurusan sama teknik, kayak stuck gitu, semua sudah dilakukan tapi hasilnya ya kayak gitu," ucap Pramudya melalui Youtube PB Djarum.

Sejak rajin membaca buku, dan membuka komunikasi lebih intens dengan partnernya, Yeremia Rambitan, kini prestasi keduanya mulai terlihat dengan sederet gelar juara.