Jagoan Tunggal Putra Nihil Gelar, Taufik Hidayat: Pemain Harus Jujur ke Pelatih!

Jumat, 15 Juli 2022 13:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Kington/AFP via Getty Images
Legenda pebulutangkis tunggal putra Indonesia Taufik Hidayat. Copyright: © Ian Kington/AFP via Getty Images
Legenda pebulutangkis tunggal putra Indonesia Taufik Hidayat.

INDOSPORT.COM - Jagoan tunggal putra Indonesia, seperti Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, hingga Shesar Hiren nihil gelar. Begini masukan dari Taufik Hidayat.

Sebagaimana diketahui, Anthony Ginting dkk gagal mengamankan gelar tunggal putra Indonesia Masters 2022, Indonesia Open 2022, dan Malaysia Open 2022.

Bahkan, di ajang Malaysia Masters 2022, bukannya pemain tunggal putra unggulan, tetapi pemain yang datang dari kualifikasi, Chico Aura Dwi Wardoyo yang jadi juara.

Kala itu, legenda bulutangkis Indonesia, Taufik Hidayat berkesempatan untuk ikut ke Malaysia. Ia berbincang dengan salah satu eks pemain Malaysia, Tan Boon Heong.

Taufik Hidayat menyoroti bahwa pemain harus memiliki hubungan yang baik dengan pelatih, jika ingin berkembang dan meraih prestasi, khususnya di sektor tunggal putra.

"Kalau pelatih dengan pemain itu harus ada rasa saling percaya, kita sebagai pemain harus terbuka dengan pelatih," ungkap Taufik Hidayat pada Tan Boon Heong.

"Kadang kalau pelatih memiliki program, tapi pelatih tidak tahu pemainnya dalam kondisi bagus atau tidak," jelas Taufik lagi.

Maka dari itu, komunikasi adalah faktor yang penting. Atlet harus jujur, apakah ia sedang dalam kondisi yang baik atau tidak.

"Kita harus bicara ke pelatih kalau kondisi kita tidak bagus, jadi pelatih tahu apa yang akan ia berikan dalam latihan," ungkapnya.

"Nanti kalau pelatih sudah punya program, kondisi kita tidak bagus, dia hantam terus, itu akan jadi buruk," papar peraih medali emas Olimpiade Athena 2004 tersebut.