4 Wakilnya Tembus Final Singapore Open, Indonesia Bisa Makin Kangkangi China dan Malaysia

Minggu, 17 Juli 2022 11:57 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Yanto/INDOSPORT
Dengan empat wakilnya berpotensi memenangkan gelar juara Singapore Open 2022, Indonesia bisa sekaligus mengangkangi dua negara rival, China dan Malaysia. Copyright: © Grafis: Yanto/INDOSPORT
Dengan empat wakilnya berpotensi memenangkan gelar juara Singapore Open 2022, Indonesia bisa sekaligus mengangkangi dua negara rival, China dan Malaysia.

INDOSPORT.COM – Dengan empat wakilnya berpotensi memenangkan gelar juara Singapore Open 2022, Indonesia bisa sekaligus mengangkangi dua negara rival, China dan Malaysia.

Empat wakil Indonesia dipastikan melaju ke final Singapore Open 2022 setelah mengalahkan lawan-lawannya di babak semifinal pada Sabtu kemarin.

Keempat wakil Merah Putih tersebut yakni dua ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, dan tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting.

Berbicara soal koleksi gelar juara dalam sejarah turnamen Singapore Open, Indonesia masih menjadi juaranya. Pasalnya, Merah Putih sudah mengantongi 58 trofi sejak ajang ini dihelat tahun 1929.

Rinciannya, tunggal putra 16 gelar, tunggal putri 6 gelar, ganda putra 19 gelar, ganda putri 6 gelar dan terakhir ganda campuran 12 gelar.

Melansir dari Badminton Stats di Instagram, total 58 trofi juara yang dikantongi Indonesia ini adalah yang terbanyak dibandingkan negara-negara lain, termasuk China dan Malaysia.

China membuntuti Indonesia di posisi kedua dengan raihan 54 gelar juara, Malaysia ada di urutan ketiga dengan 33 gelar juara, sementara tuan rumah Singapura sudah mengoleksi 17 gelar di urutan keempat. ‘

Di Singapore Open 2022 kali ini, China mampu meloloskan tiga wakilnya ke final. Yakni, tunggal putri Wang Zhi Yi, ganda putri Zhang Shu Xian/Zheng Yu dan ganda campuran Wang Yilyu vs Huang Dongping.

Malaysia tanpa wakilnya di babak final, demikian juga tuan rumah setelah satu-saatunya harapan, Loh Kean Yew, dihancurkan Anthony Sinisuka Ginting di babak semifinal.

Secara matematis, hanya China yang berpotensi mengancam dominasi Indonesia dalam hal gelar juara Singapore Open. Namun bukan tidak mungkin, Indonesia bisa jadi juara umum di ajang ini.