Miris! Tak Ada Wakil Ganda Putra China di 10 Besar Ranking BWF

Senin, 18 Juli 2022 21:50 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kabar mengejutkan hadir dari ranking Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) sektor ganda putra di mana tak ada satu pun wakil China di tempat 10 besar. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kabar mengejutkan hadir dari ranking Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) sektor ganda putra di mana tak ada satu pun wakil China di tempat 10 besar.

INDOSPORT.COM – Kabar mengejutkan hadir dari ranking Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) sektor ganda putra. Pada tabel peringkat, tak ada satu pun wakil China di peringkat 10 besar pada sektor tersebut.

Ketiadaan wakil China di peringkat 10 besar BWF sektor ganda putra ini tentu mengejutkan banyak pihak mengingat negeri Tirai Bambu tersebut merupakan negara kuat dalam olahraga bulutangkis.

Terakhir kali pasangan ganda putra China yang berhasil menembus 10 besar peringkat BWF adalah pasangan Li Jun Hui/Liu Yu Chen.

Namun, keputusan Li Junhui untuk pensiun dini tampaknya membuat era kuat ganda putra China perlahan meredup.

Setelah pasangan Li Junhui/Liu Yu Chen bubar, hampir dipastikan tak ada lagi pasangan dari negeri Tirai Bambu tersebut yang mampu mencatatkan namanya di posisi 10 besar BWF.

Sebagai informasi, Liu Junhui memutuskan pensiun dari semua turnamen internasional pada akhir tahun lalu.

Kala masih berjaya, Li Junhui/Liu Yu Chen, merupakan pasangan yang kerap merepotkan pasangan ganda putra andalan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Bahkan, duel antara Marcus/Kevin dan Li Junhui/Liu Yu Chen menjadi duel yang kerap dinanti-nantikan oleh para penggemar bulutangkis dunia.

Kendati kini sedang redup, bukan berarti China tidak berusaha menelurkan pebulu tangkis mudanya. Kini, China dikabarkan memiliki pasangan muda yang siap mendobrak kembali sektor ganda putra.

Ganda China Anyar Siap Mendobrak

Ganda putra anyar China, Lian Wei Kang/Wang Chang, mulai mencuri perhatian para penggemar bulutangkis dunia.

Media China, Aiyuke, bahkan sampai sesumbar bahwa Liang/Wang dapat membangkitkan hegemoni ganda putra China di bulutangkis dunia.

Sebagaimana diketahui, pada sektor ganda putra, Indonesia, Jepang, dan Malaysia kini mendominasi 10 besar ranking BWF.

Tak tanggung-tanggung, untuk Indonesia bahkan memiliiki tiga wakil yang bertengger di 10 besar dunia.

Ketiga ganda putra Indonesia itu adalah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Untuk Marcus/Kevin, mereka bahkan sudah beberapa tahun belakangan ini tidak tergoyahkan di posisi pertama ranking BWF.

Namun, media asal China tersebut mengatakan bahwa kondisi ini akan segera berakhir. Mereka melihat potensi Liang/Wang untuk menjadi ganda putra berkualitas di masa depan.

Perlu diketahui, Liang/Wang baru dipasangkan di Thailand Open 2022. Kendati demikian, mereka mampu tampil cukup apik pada tahun ini.

Meski baru dipasangkan, Liang/Wang sukses menjadi runner-up Indonesia Masters 2022 usai kalah dari Fajar/Rian. Sekedar informasi, mereka bahkan mengalahkan Marcus/Kevin dalam perjalanan ke final.

Meski dipuji di negaranya, Liang/Wang tidak jemawa. Dia pun membeberkan target dirinya dan Wang untuk menembus 30 besar dunia.

Peringkat 10 Besar Ganda Putra BWF

Marcus Fernaldi Gideon/ Kevin Sanjaya Sukamuljo – 111,827
Takuro Hoki/Yugo Kobayashi – 107,650
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan – 104,195
Lee Yang/Wang Chi-Lin – 101,668
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto – 86,855
Aaron Chia/Soh Wooi Yik – 85,028
Takeshi Kamura/Keigo Sonoda – 84,503
Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty – 80,016
Kim Astrup/Anders Sakarup Rasmussen – 78,619
Ong Yew Sin/Teo Ee Yi – 72,490