Ada-ada Saja, Ini Deretan Rekor Unik dan Aneh yang Pernah Terjadi di Dunia Bulutangkis

Senin, 25 Juli 2022 21:04 WIB
Editor: Juni Adi
© PBSI
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di Malaysia Open 2022. Foto: PBSI Copyright: © PBSI
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di Malaysia Open 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Seperti layaknya sebuah olahraga, di dunia bulutangkis juga kerap terpecahkan sejumlah rekor yang bahkan unik dan masuk buku rekor dunia.

Baik itu sekadar rekor smash tercepat, paling banyak menang, hingga rekor gelar juara terbanyak yang bisa ditorehkan seorang pebulutangkis.

Namun di luar itu rupanya ada juga beberapa rekor lainnya yang berkaitan dengan bulutangkis, yang justru terkesan tidak penting lantaran idenya yang diluar nalar, yang juga bisa terukir. 

Bahkan sampai tercatat di buku rekor dunia, Guinness Book World Records. 

Contohnya adalah tunggal putra Jepang, Kento Momota, sebagai peraih gelar terbanyak selama satu musim dengan 11 gelar yang diraihnya pada 2019 lalu.

Ada pula rekor mengagumkan milik pemain Denmark, Mads Pieler Kolding, yang mencatatkan pukulan tercepat yaitu 426 km per jam. 

Ia menorehkan rekor itu ketika memperkuat klub Chennai Smashers di Badminton Premier League, 10 Januari 2017 silam.

Terbaru, ada tunggal putra asal Denmark, Victor Axelsen. Ia memecahkan sejumlah rekor di bulutangkis dunia. Salah satunya rekor milik legenda tunggal putra asal China, Lin Dan.

Sebelumnya, Axelsen berhasil menyamai rekor kemenangan Lin Dan usai mengalahkan wakil Indonesia, Jonatan Christie, di semifinal Malaysia Open 2022 pada Sabtu 2 Juli 2022. 

Ia berhasil meraih kemenangan 21-15, 20-22, dan 21-11 atas Jonatan.

Kemenangan tersebut pun mengantarnya melaju ke babak final Malaysia Open 2022 untuk menghadapi wakil Jepang, Kento Momota

Saat itu pula, Axelsen berhasil meraih 31 kemenangan secara beruntun, sama seperti milik Lin Dan.

Namun, tak butuh waktu lama, Axelsen kini sukses melewati rekor milik Lin Dan. Hal tersebut didapatkannya usai meraih kemenangan mudah atas Momota di babak final.

Kemenangan itu semakin menegaskan bahwa Axelsen adalah rajanya tunggal putra dunia saat ini. Pasalnya, ia telah mengantongi 32 kemenangan secara beruntun sejak All England 2022.

Rekor-rekor itu hanyalah sebagai contoh kecil. Ada beberapa rekor di dunia bulutangkis yang unik dan bahkan tercatat di museum rekor dunia, Guiness Wolrd Records. Apa saja?