Pembuatannya Butuh Sayembara! Ini Makna Trofi Keren Piala Presiden Bulu Tangkis 2022

Selasa, 26 Juli 2022 05:09 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© Humas PP PBSI
PBSI tidak setengah-setengah dalam menggelar Piala Presiden Bulu Tangkis 2022 usai memilih trofi dengan cara melakukan sayembara. Foto: Humas PP PBSI Copyright: © Humas PP PBSI
PBSI tidak setengah-setengah dalam menggelar Piala Presiden Bulu Tangkis 2022 usai memilih trofi dengan cara melakukan sayembara. Foto: Humas PP PBSI

INDOSPORT.COM - PP PBSI dipastikan akan menggelar Piala Presiden 2022 mulai 1-6 Agustus 2022 mendatang.

Semua persiapan digodok dengan matang termasuk penyediaan trofi juara yang pemilihannya dilakukan lewat sayembara.

PBSI mengadakan lomba desain Piala Presiden untuk menentukan trofi terbaik. Nantinya hadiah tersebut akan diperebutkan tim-tim Pengprov.

Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna, menjelaskan ada 80 desain yang masuk dan mereka terima dalam proses sayembara.

Sampai akhirnya trofi karya seniman asal Garut bernama Mohammad Mufti Al Rajab terpilih dan hasilnya akan dipergunakan langsung di Piala Presiden bulu tangkis pertama di Indonesia.

Trofi tersebut memiliki lebar 25 cm dan tinggi 50 cm. Terdapat empat bagian, dengan bagian depat tertulis Piala Presiden Republik Indonesia.

Sedangkan bentuk dasar alas terinspirasi dari tugu pancasila, yang dipadukan dengan peta Indonesia yang terukir dengan rapi.

Hal ini melambangkan negara Indonesia sebagai tempat yang memiliki banyak budaya dan suku alias penuh keberagaman.

Lambang burung garuda juga terpampang di Piala Presiden, menggambarkan kebajikan, kekuatan, keberanian, kesetiaan, dan kedisiplinan Indonesia. Tidak ketinggalan ada juga terdapat pola candi dan shuttlecock yang kian menguatkan aroma lokal dan olahraga badminton.