Tunggal Putra Waspada! Hanya Satu Pemain yang Sampai Semifinal Kejuaraan Dunia Bulutangkis 10 Tahun

Kamis, 4 Agustus 2022 22:00 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
© Humas PBSI
Chen Long dalam pertandingan di China Open 2018. Copyright: © Humas PBSI
Chen Long dalam pertandingan di China Open 2018.

INDOSPORT.COM – Sektor tunggal putra bulutangkis Indonesia perlu waspada soal catatan buruk jelang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Kejuaraan dunia bulutangkis 2022 bakal digelar di akhir Agustus 2022 dengan mempertandingkan semua sektor.

Indonesia sebagai negara besar di dunia bulutangkis juga bersiap dengan menurunkan beberapa skuat terbaiknya, terutama di sektor ganda putra yang menjadi andalan di Kejuaraan dunia nanti.

Meskipun demikian, Indonesia patut berhati-hati untuk sektor tunggal putra, mengingat dalam 10 tahun terakhir nyaris tak ada yang mampu mendapatkan juara.

Bahkan, menilik catatan Wikipedia, sektor tunggal putra Indonesia hanya mampu meloloskan satu kontestan saja di semifinal sejak 2013 atau nyaris 10 tahun belakangan.

Tercatat, hanya Tommy Sugiarto yang mampu lolos ke semifinal kejuaraan dunia 2014 yang kala itu dihelat di Copenhagen, Denmark.

Kala itu, putra dari legenda tunggal putra Indonesia, Icuk Sugiarto ini mampu lolos ke semifinal dengan mulus, lantaran tak dihadang oleh pemain kuat di bulutangkis.

Tommy Sugiarto baru bertemu lawan top kala bermain di semifinal, melawan pemain yang kemudian menjadi juara dunia 2014, yaitu Chen Long.

Justru Chen Long yang mendapat lawan berat di perempat final kala menghadapi jagoan Korea Selatan, Son Wan-Ho.

Namun demikian, Tommy Sugiarto harus menyerah kalah dari Chen Long dalam dua set langsung, yang bisa dibilang cukup ketat.