In-depth

Apa sih AirBadminton, Olahraga Pendatang Baru di World Beach Games Bali 2023

Jumat, 5 Agustus 2022 14:38 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© instagram/bwf.official
AirBadminton bakal debut di World Beach Games Bali 2023. Foto: instagram/bwf.official. Copyright: © instagram/bwf.official
AirBadminton bakal debut di World Beach Games Bali 2023. Foto: instagram/bwf.official.

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih jauh AirBadminton, olahraga yang santer dikampanyekan oleh BWF dan direncanakan masuk World Beach Games di Bali 2023.

Olahraga bulutangkis, memang bisa dimainkan secara indoor maupun outdoor, tapi turnamen-turnamen kompetitif yang ada saat ini kebanyakan menggelar pertandingan di dalam ruangan.

Permainan di luar lapangan biasanya dilakukan untuk menyalurkan hobi semata, meski tidak sedikit pula yang menjadikannya sebagai sebuah kompetisi mini.

Penyelenggara World Beach Tour yakni Association of National Olympic Committees (ANOC) melalui sebuah video, sudah mengumumkan AirBadminton sebagai salah satu cabor yang akan dimainkan di Bali 2023.

Dalam video tersebut, terlihat sejumlah orang sedang berada di pantai dan bermain bulutangkis di atas lapangan pasir di udara terbuka.

Ya, AirBadminton merupakan olahraga bulutangkis yang digelar di luar ruangan alias outdoor, yang sudah diperkenalkan BWF di Indonesia Open 2019.

Para pengunjung yang datang dapat mencoba inovasi ini, yang mana tidak berbeda jauh dari bermain bulutangkis biasa.

Sekilas, AirBadminton memang tidak berbeda dengan bulutangkis yang selama ini penonton lihat di layar kaca maupun di dalam venue pertandingan.

Besar lapangannya sama, begitu pula lebar dan tinggi net yang digunakan. Yang membuatnya berbeda hanyalah lokasi permainan dan shuttlecock yang digunakan.

Bermain bulutangkis di luar ruangan memiliki tantangan besar berupa angin yang lebih kencang. Oleh sebab itu, shuttlecock bulu angsa akan sangat sulit digunakan dalam situasi ini.