Pawang Kevin/Marcus is Back! Lama Tak Muncul, 'Haji' Endo Jadi Pelatih di Kejuaraan Dunia

Rabu, 24 Agustus 2022 15:05 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Naomi Baker/Getty Images
Hiroyuki Endo yang disebut pawang Kevin Sanjaya/Marcus Gideon terlihat bak seorang pelatih ganda campuran Jepang Yuta/Arisa di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Copyright: © Naomi Baker/Getty Images
Hiroyuki Endo yang disebut pawang Kevin Sanjaya/Marcus Gideon terlihat bak seorang pelatih ganda campuran Jepang Yuta/Arisa di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

INDOSPORT.COM – Eks ganda putra Jepang, Hiroyuki Endo yang kerap dijuluki sebagai pawang Kevin Sanjaya/Marcus Gideon terlihat mengambil peran bak seorang pelatih untuk ganda campuran Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino, di Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Selain menghadirkan sejumlah pemain bintang, Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 yang berlangsung pada 22-28 Agustus di Tokyo, Jepang juga menyuguhkan sejumlah momen menarik.

Salah satunya ialah kemunculan mantan ganda putra Jepang, Hiroyuki Endo. Seperti yang diketahui, Endo sendiri sempat dipasangkan dengan Yuta Watanabe.

Namun Hiroyuki Endo memutuskan pensiun pada September 2021 pada usia 34 tahun. Sementara Yuta Watanabe memutuskan fokus bermain di nomor ganda campuran bersama Arisa Higashino.

Melansir dari Yahoo JP, sempat tersiar kabar bahwa Hiroyuki Endo selaku rival berat Kevin/Marcus akan menjadi pelatih di salah satu klub bulutangkis Jepang, Nihon Unisys.

Rumor tersebut kini diperkuat dengan bukti kehadirannya di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 yang tampil bak seorang pelatih. Endo diketahui memiliki julukan kocak ‘Haji Endo’.

Alasannya karena saat bermain, jersey mantan pasangan Yuta Watanbe itu bertuliskan H Endo yang lalu diplesetkan oleh Badminton Lovers Indonesia menjadi Haji Endo, lantaran huruf 'H' di Tanah Air identik dengan kata Haji.

Saat itu Yuta Watanabe/Arisa Higashino selaku unggulan ketiga berhadapan dengan Alexander Dunn/Ciara Torrance (Skotlandia) di babak kedua.

Saat interval pertama, tiba-tiba sosok Hiroyuki Endo muncul dan membantu memberikan arahan ganda campuran tuan rumah.

Sontak kehadiran Hiroyuki Endo bak menjadi pelatih ganda campuran Yuta Watanabe/Arisa Higashino di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 langsung membuat netizen geger.