Profil Fuyu Iwasaki, Pebulutangkis Naturalisasi Indonesia di Vietnam Open 2022

Kamis, 8 September 2022 18:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© bwfbadminton.com
Fuyu Iwasaki, pemain bulutangkis Jepang yang membela Indonesia di Macau Open 2019 Copyright: © bwfbadminton.com
Fuyu Iwasaki, pemain bulutangkis Jepang yang membela Indonesia di Macau Open 2019

INDOSPORT.COM - Berikut profil Fuyu Iwasaki, pebulutangkis asal Jepang yang memutuskan naturalisasi menjadi WNI, dan akan unjuk gigi di Vietnam Open 2022.

Naturalisasi adalah proses perpindahan kewarganegaraan. Seseorang yang awalnya berasal dari negara asing, mengucap ikrar untuk menjadi warga negara Indonesia.

Langkah ini umumnya dilakukan oleh cabang olahraga sepak bola dan basket, untuk mengangkat kualitas Tim Nasional dengan pemain berpengalaman di Eropa.

Namun rupanya, sebagai negara panutan bulutangkis dunia, Indonesia juga memiliki pemain naturalisasi, yakni Fuyu Iwasaki.

Iwasaki diketahui lahir pada 21 Desember 1998. Dara berusia 23 tahun itu kabarnya memiliki darah Indonesia dari sang ibu.

Saat berusia 18 tahun pada 2016 lalu, Fuyu Iwasaki tercatat masih membela Jepang. Ia pun memutuskan naturalisasi di tahun 2019.

Dilansir dari Badminton Japan, Fuyu Iwasaki adalah mantan pemain muda dari klub Gifu Tricky Panders, klub yang menaungi ganda Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

Iwasaki tercatat pernah menjadi juara di Russian Junior White Nights pada 2016 lalu, berpasangan dengan Akane Nakajima, saat masih membela Negeri Sakura alias Jepang.

Kemudian, Iwasaki/Nakajima juga pernah mentas di ajang Malaysia International Youth U-19 dan Korea Junior Open.

Dengan mempertimbangkan orang tua, Fuyu Iwasaki pun memutuskan mengikuti kewarganegaraan sang ibu menjadi WNI, dan bergabung di klub bulutangkis Jaya Raya.