In-depth

2 Ganda Putra Indonesia yang Siap Lempar Hoki/Kobay dari Ranking 1 Dunia

Senin, 19 September 2022 21:30 WIB
Editor: Juni Adi
© BWF — Badminton World Federation
Pasangan bulutangkkis Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi Copyright: © BWF — Badminton World Federation
Pasangan bulutangkkis Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi

INDOSPORT.COM - Pasangan Hoki/Kobay diprediksi tidak akan lama bertengger di peringkat satu dunia, usai menggeser Kevin/Markus, karena ada beberapa wakil ganda putra Indonesia yang siap melibasnya.

Kabar mengejutkan datang dari dunia olahraga bulutangkis, dimana pasangan ganda putra andalan Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, posisinya sebagai nomor satu dunia diprediksi akan tergeser.

Sebab poin ranking dunia pekan ke-40 hingga pekan ke-43 tahun 2019 akan segera kadalurawrsa. Artinyan, sebagian poin Kevin/Marcus akan hilang pada Selasa (20/09/22).

Posisi Kevin/Marcus di peringkat 1 dunia versi ranking BWF, akan digantikan oleh pasangan ganda putra asal Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Kevin/Marcus sendiri pertama kali merebut posisi nomor 1 dunia pada 16 Maret 2017. Namun ia sempat turun peringkat ke urutan ke-3 pada periode April hingga Juni 2017.

Akan tetapi tidak berlangsung lama, Kevin/Marcus langsung merebut lagi rankingnya pada 2017 lalu. 

Sementara itu, alasan di balik peningkatan peringkat Hoki/Kobayashi pada ranking dunia adalah keberhasilan mereka merebut gelar juara pada Kejuaraan Dunia 2021, Denmark Open 2021, Indonesia Masters 2021, dan BWF World Tour Finals 2021.

Pada 2022, Hoki/Kobayashi juga memenangi Thailand Open dan Malaysia Open. Di saat yang sama, The Minions mengalami penurunan performa setelah Marcus mengalami cedera.

Marcus/Kevin melakukan comeback pada Kejuaraan Dunia 2022 di Jepang, tetapi mereka tersingkir oleh wakil Inggris, Ben Lane/Sean Vendy, pada babak delapan besar.

Marcus/Kevin kembali terhenti pada Japan Open setelah kalah dari wakil Korea Selatan, Kim Gi-jung/Kim Sa-rang. Alhasil The Minions harus puas tanpa gelar sejauh tahun ini.

Meski berhasil merebut ranking satu dunia, pasangan Hoki/Kobay diprediksi tidak akan lama bertengger karena ada beberapa wakil ganda putra Indonesia yang berpotensi menggesernya. Siapa saja?