Pensiun karena Penyakit Autoimun, Pebulutangkis Inggris Ingin Jadi Contoh

Senin, 19 September 2022 22:39 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Instagram@tobypenty1
Toby Penty tunggal putra asal Inggris. Foto: Instagram@tobypenty1 Copyright: © Instagram@tobypenty1
Toby Penty tunggal putra asal Inggris. Foto: Instagram@tobypenty1

INDOSPORT.COM - Atlet bulutangkis asal Inggris, Toby Penty, secara mengejutkan mengumumkan gantung raket di usianya yang baru menginjak kepala tiga.

Ia mengaku banyaknya rintangan dalam beberapa tahun belakangan membuatnya kehilangan motivasi untuk terus bersaing di tingkat tertinggi.

“Saya sudah bermain sejak usia 19 tahun dan sudah mencapai umur di mana saya ingin menjalani gaya hidup yang berbeda,” tuturnya kepada laman resmi BWF.

“Sampai di titik dengan beberapa tantangan beberapa tahun terakhir: Covid, cedera, alopecia.”

Meski banyak tantangan, Penty masih termotivasi ingin tampil di kompetisi bergengsi seperti Olimpiade dan Commonwealth Games. 

Namun ia mengaku akhir-akhir ini ia tak lagi terpacu untuk berkompetisi di turnamen World Tour di mana ia harus berlaga di berbagai negara setiap minggunya.

Maka itulah ia memutuskan untuk pensiun pada awal September 2022 lalu. Keputusannya ini rupanya telah bulat sejak akhir tahun lalu.

“Rasanya beban terangkat dari pundak saya. Jika Anda merasa seperti itu, kemungkinan keputusan Anda itu benar,” tambahnya.

“Di saat yang bersamaan, saya merasa saya punya kesempatan untuk mengakhiri karier saya sesuai keinginan sendiri. Saya ingin finish dalam kondisi bagus, masih bermain dengan maksimal dan di level yang baik.”

Sejak mengumumkan gantung raket, Toby Penty melakoni peran baru sebagai pelatih di daerah Wimbledon. Namun ia juga masih berkompetisi di turnamen antarklub di luar negeri.