4 Rekor Dunia Tenis Milik Roger Federer yang Tak Akan Terpecahkan

Selasa, 20 September 2022 23:20 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Tess Derry/PA Images via Getty Images
Roger Federer di turnamen tenis Nitto ATP Finals 2019. Copyright: © Tess Derry/PA Images via Getty Images
Roger Federer di turnamen tenis Nitto ATP Finals 2019.

INDOSPORT.COM - Roger Federer resmi mengumumkan akan gantung raket dengan status sebagai salah satu atlet terbaik sepanjang masa.

Buktinya adalah hingga saat ini ia masih memegang rekor luar biasa, yang sepertinya tak akan terpecahkan sampai kapan pun.

Federer sendiri akan resmi pensiun usai mengikuti turnamen Laver Cup yang akan berlangsung Jumat (23/09/22) hingga Minggu (25/09/22) di London, Inggris.

Petenis asal Swiss tersebut mengoleksi 20 gelar Grand Slam dan 103 gelar ATP di sektor tunggal. Tak heran bila ia memiliki daftar panjang rekor yang ia torehkan.

Namun ada empat rekor yang sepertinya tak akan terpecahkan oleh petenis lain karena hingga kini, tak ada yang mendekati catatan rekor tersebut. Berikut INDOSPORT rangkum keempatnya dari laman Tennis.com.

Menang 7 Grand Slam pertamanya

Banyak petenis hebat lainnya yang tak bisa menjuarai final turnamen besar pertama mereka. Bahkan ada yang tak bisa menang hingga empat Grand Slam pertama mereka sebelum kariernya melejit.

Namun tidak dengan Federer yang langsung jadi juara di 7 Grand Slam pertama yang ia ikuti.

Ia juara di Wimbledon 2003, Australian Open 2004, Wimbledon 2004, US Open 2004, Wimbledon 2005, US Open 2005, dan Australian Open 2006.

Sementara itu yang paling mendekati adalah Jimmy Connors, Bjorn Borg, Stefan Edberg, Gustavo Kuerten, Stan Wawrinka. Mereka masing-masing juara 3 Grand Slam pertama mereka.