4 Wakil Indonesia Pemilik Gelar Denmark Open Terbanyak, Ada Kevin/Marcus

Jumat, 7 Oktober 2022 11:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© S&G/PA Images via Getty Images
Legenda bulutangkis Indonesia, Rudy Hartono. Copyright: © S&G/PA Images via Getty Images
Legenda bulutangkis Indonesia, Rudy Hartono.

INDOSPORT.COM - Termasuk Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, berikut empat wakil Indonesia pemilik gelar Denmark Open terbanyak.

Ajang bulutangkis Denmark Open 2022 sudah di depan mata. Turnamen yang memperebutkan hadiah 750.000 USD itu akan dihelat pada 18-23 Oktober 2022.

Namun, perlu diketahui pula, Denmark Open adalah turnamen yang tidak bersahabat dengan wakil Indonesia. Sulit bagi wakil Merah Putih untuk juara di negara tersebut.

Sejak pertama kali dihelat pada 1936, Indonesia pertama kali meraih gelar juara di 1971. Hingga terakhir bergulir di 2021, baru ada 18 wakil yang menjadi juara.

Indonesia tertinggal dari Denmark, China, Jepang, bahkan Inggris dalam perolehan medali emas di Denmark Open. Tapi 4 atlet berikut ini bisa meraih cukup banyak gelar.

1. Rudy Hartono

Rudy Hartono menjadi orang Indonesia pertama yang berhasil meraih medali emas Denmark Open di tahun 1971. Kemudian, ia gagal mempertahankannya di tahun 1972.

Rudy Hartono kembali meraih gelar juara Denmark Open 1973, dan lagi-lagi ia gagal revans di tahun berikutnya. Barulah di tahun 1975, Rudy Hartono meraih medali juara lagi.

Rudy Hartono mengoleki tiga gelar juara Denmark Open. Salah satu pesaing terberat di eranya adalah pemain tuan rumah, Svend Pri, yang berkali-kali bisa mengalahkannya.

Bahkan, ketika demonstrasi cabang olahraga bulutangkis di Olimpiade 1972, Rudy Hartono juga harus menaklukkan Svend Pri, sebelum meraih medali emas.