Dicopot dari Kapolda, Nico Afinta Pernah Harumkan Jawa Timur Lewat Turnamen Bulutangkis

Selasa, 11 Oktober 2022 14:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Dicopot dari jabatan Kapolda Jawa Timur usai disorot karena Tragedi Kanjuruhan, Irjen Pol Nico Afinta, pernah mengharumkan daerahnya lewat turnamen bulutangkis. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Dicopot dari jabatan Kapolda Jawa Timur usai disorot karena Tragedi Kanjuruhan, Irjen Pol Nico Afinta, pernah mengharumkan daerahnya lewat turnamen bulutangkis.

INDOSPORT.COM – Sebelum dicopot dari jabatan Kapolda Jawa Timur usai disorot karena Tragedi Kanjuruhan, Irjen Pol Nico Afinta, pernah mengharumkan nama provinsi paling timur Pulau Jawa lewat turnamen bulutangkis.

Pada Senin (10/10/22), Kaporli Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi membebastugaskan Irjen Pol Nico Afinta dari jabatan Kapolda Jawa Timur.  

Selanjutnya, Nico Afinta akan menduduki jabatan baru, yakni sebagai Staf Ahli Bidang Sosial Budaya (Sahlisobud) Kaporli.

Pencopotan ini tertuang dalam Telegram Kaporli Nomor: Kep/1386/X/2022/Tanggal10-101-2022 tentaang pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Porli.

Nico Afinta sebagai Kapolda Jatim sempat mendapat sorotan publik menyusul Tragedi Kanjuruhan selepas pertandingan Liga 1 antara Arema FC vs Persebaya Surabaya.

Di awal Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 131 orang, Nico Afinta mengeluarkan beberapa pernyataan kontroversial terkait gas air mata dan terkesan menyudutkan Aremania.

Pernyataan itu pun disambut dengan gelombang protes dari netizen. Sejumlah masyarakat pun tak segan meminta Nico mundur dari jabatannya.

Terlepas dari sikap kontroversialnya terkait Tragedi Kanjuruhan, eks kapolda Jawa Timur, Nico Afinta, rupanya pernah sukses menggelar turnamen bulutangkis nasional di daerahnya.

Turnamen tersebut bertajuk Piala Kapolda Jatim 2022 yang dilangsungkan pada 11-17 Juli 2022 di GOR Bulutangkis, Surabaya, Jawa Timur.

Saat itu, Nico Afinta mengatakan bahwa Piala Kapolda Jatim merupakan salah satu bentuk dukungan Polda Jatim untuk setiap event olahraga yang ada di Jawa Timur.