Pernah Jadi Pelatih Elite Bulutangkis China, Kabar Terbaru Li Yongbo di Usia Senja

Kamis, 20 Oktober 2022 17:35 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© Visual China Group via Getty Images/Visual China Group via Getty Images
Mari menilik kabar terbaru paduka Li Yongbo, eks Direktur Asosiasi Bulutangkis China (CBA), yang saat ini sedang menikmati masa-masa tuanya bersama sang istri. Copyright: © Visual China Group via Getty Images/Visual China Group via Getty Images
Mari menilik kabar terbaru paduka Li Yongbo, eks Direktur Asosiasi Bulutangkis China (CBA), yang saat ini sedang menikmati masa-masa tuanya bersama sang istri.

INDOSPORT.COM – Mari menilik kabar terbaru paduka Li Yongbo, eks Direktur Asosiasi Bulutangkis China (CBA), yang saat ini sedang menikmati masa-masa tuanya bersama sang istri.

Badminton lovers generasi saat ini mungkin ada yang masih asing mendengar nama Li Yongbo. Namun tentu prestasi yang ditinggalkan, tak akan terhapus dari sejarah.

Dulunya Li Yongbo adalah atlet bulutangkis yang sangat berdedikasi. Melansir laman BWF, Li Yongbo pernah meraih lima gelar juara dunia.

Kemudian Li Yongbo juga pernah menyabet emas Olimpiade 1988 sektor ganda putra bersama Tian Bingyi.  Pada Olimpiade 1992, keduanya kembali menyabet perunggu.

Seiring berjalannya waktu, di usianya yang sudah bertambah, Li Yongbo memutuskan pensiun dan akhirnya banting setir menjadi pelatih.

Sama bersinarnya, Li Yongbo sukses membawa kemajuan bulutangkis China di berbagai sektor selama dia menjadi pelatih di pelatnas pada 1993 hingga 2017.

Dilansir dari laman Sohu, media lokal China tersebut mengungkapkan bahwa Li Yongbo mengantarkan China meraih sekitar 92 kejuaraan.

Apabila dirinci, Li Yongbo mengantarkan China meraih 18 medali  emas Olimpiade, 10 Piala Sudirman, sembilan Piala Uber, dan lima Piala Thomas.

Sayangnya, di balik cemerlangnya karier di dunia kepelatihan, Li Yongbo harus pensiun pada 2017 dengan dibarengi serangkaian kontroversi, dari isu pengaturan skor hingga anjloknya prestasi.

Usai tak lagi di tim nasional bulutangkis, Li Yingbo pernah didapuk sebagai Komite Olimpiade China, mendirikan klub bulutangkis, hingga menjadi pengusaha durian.