Rehan/Lisa Dipulangkan, Ini Daftar Wakil Indonesia Terakhir yang Juara French Open

Minggu, 30 Oktober 2022 14:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Pasangan ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di French Open 2022. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Pasangan ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di French Open 2022. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Tak ada satu pun wakil Indonesia yang berhasil menjuarai French Open 2022. Ini daftar atlet terakhir yang bisa naik podium tertinggi di Prancis.

Setelah Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dipulangkan di semifinal French Open 2022, Sabtu (29/10/22), tak ada lagi wakil Indonesia yang tersisa di ajang ini.

Hasil ini memperpanjang rekor buruk Merah Putih yang jarang sekali bisa menang dalam turnamen French Open, padahal persiapan sudah maksimal dan sangat komprehensif.

Sudah beberapa tahun Indonesia nihil gelar di turnamen French Open. Bahkan, ada juga sektor yang sampai saat ini belum pernah sama sekali mengalungkan medali emas.

Berikut INDOSPORT merangkum daftar atlet terakhir yang menjuarai French Open dari setiap sektor.

Ganda Putra

Wakil ganda putra Indonesia terakhir yang bisa meraih medali emas adalah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Hal itu mereka dapat di French Open 2019.

Tahun itu, Marcus/Kevin memang sedang dalam masa kejayaannya, menjadi ganda nomor satu dunia, nyaris setiap turnamen mereka tutup dengan capaian medali emas.

Pada final French Open 2019, Marcus/Kevin sukses membekuk Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dengan skor 21-18, 21-16.

Kemudian, French Open 2020 dibatalkan karena pandemi, lalu di French Open 2021, Marcus/Kevin takluk dari Ko Sung-hyun/Shin Baek-cheol dengan skor sengit 17-21, 20-22.

Namun, siapa sangka, di French Open 2022, Marcus/Kevin justru tumbang di babak awal. Kegagalan mereka membuat ganda putra Indonesia lainnya ikut limbung satu per satu.