In-depth

5 Hasil Miris Bulutangkis Indonesia di Major Event 2022, Era Kegagalan PBSI?

Rabu, 2 November 2022 12:32 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Berikut ini adalah lima hasil miris olahraga bulutangkis Indonesia di pentas major event sepanjang tahun 2022 dan benarkah ini menjadi era kegagalan PBSI? (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Berikut ini adalah lima hasil miris olahraga bulutangkis Indonesia di pentas major event sepanjang tahun 2022 dan benarkah ini menjadi era kegagalan PBSI? (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Berikut ini adalah lima hasil miris olahraga bulutangkis Indonesia di pentas major event sepanjang tahun 2022. Benarkah ini menjadi era kegagalan PBSI?

Sebagaimana diketahui, Indonesia menjadi kiblat bulutangkis dunia, bersama China, Jepang dan Korea Selatan. Akan tetapi, prestasi itu perlahan-lahan merosot.

Sepanjang tahun 2022, sektor bulutangkis Indonesia selalu seret meraih prestasi di major event. Bukan salah atlet, tetapi federasi juga harus mengevaluasi.

Merah Putih boleh berbangga saat berhasil menciptakan All Indonesia Finals di pentas All England 2022, dan pemain debutan, Bagas/Fikri keluar sebagai juara.

Namun, prestasi itu hanya diukir dari sektor ganda putra. Di turnamen lainnya, hanya pemain ganda yang rajin memberikan gelar, itu pun lewat Fajar Alfian/Rian Ardianto.

Berikut INDOSPORT merangkum enam major event yang gagal diraih di sepanjang tahun 2022, sebagai bukti kegagalan PBSI.

1. Piala Thomas 2022

Indonesia adalah kampiun Piala Thomas 2021. Hendra Setiawan dkk kembali melaju ke final Piala Thomas 2022, yang digelar di Impact Arena, Thailand, bulan Mei lalu.

Susah payah melaju ke final, menaklukkan satu per satu tim kuat, Indonesia berjumpa dengan India yang notabene belum pernah menjadi juara di major event tersebut.

Siapa sangka, Indonesia dipermalukan oleh India dengan kekalahan telak 0-3. Anthony Ginting dan Jonatan Christie takluk dari Lakshya Sen dan Srikanth Kidambi.

Pasangan gado-gado, Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya juga keok dari Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Indonesia gagal mempertahankan gelar Piala Thomas 2022.