Terlibat Skandal, Petenis Cantik Simona Halep Terancam Ikuti Sanksi Pahit Maria Sharapova

Rabu, 9 November 2022 21:35 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© Cameron Spencer/Getty Images
Juara French Open 2018 dan Wimbledon 2019, Simona Halep, terancam sanksi pahit yang sama dengan legenda tenis Rusia, Maria Sharapova, karena kasus doping. Copyright: © Cameron Spencer/Getty Images
Juara French Open 2018 dan Wimbledon 2019, Simona Halep, terancam sanksi pahit yang sama dengan legenda tenis Rusia, Maria Sharapova, karena kasus doping.

INDPOSPORT.COM –  Juara French Open 2018 dan Wimbledon 2019, Simona Halep, terancam sanksi pahit yang sama dengan legenda tenis Rusia, Maria Sharapova, karena kasus doping.

Maria Sharapova adalah pemain tenis yang bisa menghasilkan banyak uang dari kontrak iklan. Kecantikan ratu tenis dunia itu membuatnya dicari oleh merek-merek besar.

Namun semua ketenaran yang didapat, langsung hancur berantakan ketika Maria Sharapova melakukan kesalahan fatal pada awal 2016.

Legenda tenis kelahiran Nyagan 19 April 1987 itu dinyatakan tak lolos tes doping dalam turnamen Australian Open 2016 lantaran penggunaan obat terlarang.

Saat itu, Maria Sharapova dinyatakan positif menggunakan salah satu jenis obat yang dikategorikan sebagai doping sejak Januari 2016, yaitu Meldonium.

Akibat masalah trersebut, Sharapova dijatuhi hukuman oleh Federasi Tenis International (ITF) berupa larangan bermain selama dua tahun.

Terlibat skandal doping membuatnya rugi mencapai Rp18,6 triliun akibat sponsor-sponsor ternama memutus kerja sama. Termasuk kontrak senilai 70 juta dolar dengan merek apparel Nike.

Selain Nike, jam tangan TAG Heuer atau Porsche juga ikut memutus kontrak dengan Sharapova. Hanya Evian Water yang tetap melanjutkan kerja sama dengannya.

Mungkin Sharapova tidak sengaja menggunakan zat terlarang itu dalam pengakuannya. Hanya saja Badan Anti-Doping Dunia (WADA) pernah mengirim info sejenis kepadanya tentang larangan menggunakan Meldonium.

Dilansir dari laman 24H, kejadian yang menimpa Maria Sharapova itu mungkin saat ini membuat petenis Rumania, Simona Halep, ketar-ketir. Mantan petenis ranking satu dunia itu juga baru saja terseret kasus doping.