Malaysia di BWF World Tour Finals: Jarang Juara tapi Kirim Wakil Lebih Banyak dari Indonesia

Jumat, 11 November 2022 05:39 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Thestar
Malaysia jarang mengantongi gelar juara di tahun 2022. Tetapi mereka bisa mengirimkan wakilnya lebih banyak dari Indonesia ke BWF World Tour Finals 2022. Copyright: © Thestar
Malaysia jarang mengantongi gelar juara di tahun 2022. Tetapi mereka bisa mengirimkan wakilnya lebih banyak dari Indonesia ke BWF World Tour Finals 2022.

INDOSPORT.COM – Malaysia bisa dikatakan sangat jarang mengantongi gelar juara di sepanjang tahun 2022. Tetapi mengapa mereka bisa mengirimkan wakilnya lebih banyak daripada Indonesia ke BWF World Tour Finals 2022?

Menjelang Australian Open 2022 (15-20 November) pekan depan, daftar pebulutangkis yang dinyatakan lolos dan bisa tampil di ajang BWF World Tour Finals 2022 sudah hampir komplit.

BWF World Tour Finals merupakan ajang penutup rangkaian turnamen satu musim penuh dan bakal dihelat pada 14-18 Desember 2022 di Guangzhou, China.

Hanya saja tak semua pebulutangkis bisa berpartisipasi di hajatan akbar ini. Sebab, hanya pebulutangkis yang menduduki posisi 8 besar ranking BWF World Tour Finals 2022 yang bisa tampil.

Perhitungan ranking pun berasal dari poin yang diraih oleh para atlet saat mengikutu turnamen baik dari ajang level BWF Super 100 hingga 1000.

Namun terdapat fenomena aneh jika melihat daftar negara yang paling banyak meloloska wakilnya ke Guangzhou. Sejauh ini, Malaysia menduduki nomor 1 dalam daftar tersebut.

Malaysia tercatat berhasil meloloskan 12 wakilnya ke BWF World Tour Finals. Jumlah ini bahkan terbanyak dibandingkan negara lain seperti China (10), Thailand (8), dan Indonesia (8).

Ganda putra nomor 4 dunia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, jadi wakil Malaysia yang pertama lolos secara otomatis karena menjadi Juara Dunia di Jepang.

Selain itu, ada ganda putri jawara French Open 2022, Pearly Tan/ Thinaah Muralitharan, yang akan ditemani pasangan peringkat 32 dunia, Vivian Hoo/Lim Chiew Sien

Beberapa pemain independen Malaysia juga sudah mengamankan tempatnya, yakni ganda putra independen Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing dan Goh Soon Huat/Shevon Lai Jemie (ganda campuran).