Australian Open: Lee Zii Jia dan Loh Kean Yew Saling Sikut demi Tiket BWF World Tour Finals

Kamis, 10 November 2022 10:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Naomi Baker/Getty Images
Australian Open 2022 (15-20 November) akan menjadi ajang pertarungan dua tunggal putra top dunia, Lee Zii Jia dan Loh Kean Yew ke BWF World Tour Finals 2022. Copyright: © Naomi Baker/Getty Images
Australian Open 2022 (15-20 November) akan menjadi ajang pertarungan dua tunggal putra top dunia, Lee Zii Jia dan Loh Kean Yew ke BWF World Tour Finals 2022.

INDOSPORT.COM – Turnamen Australian Open 2022 (15-20 November) akan menjadi ajang pertarungan dua tunggal putra top dunia, Lee Zii Jia dan Loh Kean Yew demi mengamankan tiket terakhir BWF World Tour Finals 2022.

Lee Zii Jia dari Malaysia dan Loh Kean Yew dari Singapura belakangan tengah menjadi sorotan usai berhasil menduduki peringkat 2 dan 3 dunia, menyusul andalan Denmark, Viktor Axelsen.

Namun, pencapaian ini bertolak belakang dengan nasib mereka menjelang BWF World Tour Finals 2022 yang akan berlangsung di Guangzhou pada 14-18 Desember mendatang.

Diketahui, hanya ada delapan pebulutangkis teratas di setiap sektor, tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri, serta ganda campuran - yang lolos ke BWF World Tour Finals.

Loh Kean Yew untuk pertama kalinya berhasil masuk ke delapan besar berkat performa bagus bulan lalu, di mana dia mencapai semifinal Denmark Open, dan perempat final French Open dan Hylo Open.

Di sisi lain, Lee Zii Jia justru berada di bawah tekanan yang besar untuk lolos usai kandas di babak pertama French Open meski mampu jadi runner-up Denmark Open.

Dengan Lee Zii Jia melewatkan Hylo Open pekan lalu, posisinya menjadi turun di urutan kesembilan dalam daftar kualifikasi, selisih beberapa poin dari wakil China Lu Guangzu.

Loh dan Lee sejatinya masih punya kesempatan untuk mengamankan dua tiket terakhir nomor tunggal putra yang lolos ke BWF World Tour Finals jika meraih hasil maksimal di Australian Open.

Melansir dari The Star, satu-satunya cara agar Lee Zii Jia mengunci kualifikasi ke delapan BWF World Tour Finals adalah mengalahkan pemain no. 8 dunia, Lu Guangzu, di Australian Open.

Bukan hanya itu saja syarat Lee Zii Jia merebut tiket ke Guangzhou. Dia setidaknya harus menembus babak semifinal di Sydney demi mengumpulkan poin yang cukup  untuk menggusur Guangzu.