Sukses Capai Peringkat 3 Dunia Tunggal Putra, Loh Kean Yew: Ini Gila!

Rabu, 9 November 2022 13:22 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tunggal putra asal Singapura, Loh Kean Yew, mengaku tidak percaya dengan perjalanan kariernya setahun terakhir hingga mampu menduduki peringkat 3 dunia saat ini. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tunggal putra asal Singapura, Loh Kean Yew, mengaku tidak percaya dengan perjalanan kariernya setahun terakhir hingga mampu menduduki peringkat 3 dunia saat ini.

INDOSPORT.COM – Tunggal putra asal Singapura, Loh Kean Yew, mengaku tidak percaya dengan perjalanan kariernya setahun terakhir hingga mampu menduduki peringkat 3 dunia saat ini.

Loh Kean Yew berhasil naik ke peringkat 3 tertinggi dalam kariernya di peringkat dunia BWF pada Selasa (08/11/22), naik dari peringkat ke-5 di pekan sebelumnya.

Tunggal putra asal Denmark, Viktor Axelsen, masih bertakhta di peringkat 1, sedangkan andalan Malaysia Lee Zii Jia masih jadi tunggal putra terbaik kedua pekan ini.

Pencapaian ini membuat Loh Kean Yew menjadi pebulutangkis Singapura pertama yang berhasil menembus peringkat tiga besar dunia.

Sebelumnya, tunggal putra dengan ranking tertinggi di dunia dari Singapira adalah Ronald Susilo, yang menempati peringkat ke-6 dunia pada 2004.

Melalui akun resmi Instagram-nya, Loh Kean Yew mengaku puas atas pencapaian ini. Terlebih, dia sempat melalui momen jadi pemain ‘kuda hitam’ sebelum meraih gelar Juara Dunia 2021.

Namun, sejak menjadi juara dunia semuanya berlalu begitu cepat. Peringkatnya menjanjak dengan cepat, seiring dengan pencapaiannya tiap kali tampil di turnamen.  

“Hari ini, saya resmi peringkat ke-3 di dunia. Ini terasa sangat nyata, rasanya saya sulit memercayainya dan saya sangat bersyukur karena berada dalam perjalanan ajaib ini,” tulis Loh Kean Yew.

“Ini (2022) adalah tahun yang 'gila' karena begitu banyak hal terjadi dengan kecepatan yang sama gilanya. Mereka yang baru-baru ini mengenal saya mungkin tidak tahu dari mana saya memulai,” lanjut Loh Kean Yew.

Loh Kean Yew menuturkan kilas balik perjalanan kariernya tahun lalu. Saat itu dia tampil sebagai salah satu peserta Olimpiade Tokyo dengan peringkat ke-39 dunia.