Novak Djokovic Sabet Gelar ATP Finals 2022, Pecahkan 2 Rekor Bergengsi

Senin, 21 November 2022 13:06 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© ATP
Novak Djokovic meraih juara ATP Finals 2022. Copyright: © ATP
Novak Djokovic meraih juara ATP Finals 2022.

INDOSPORT.COM – Megabintang tenis, Novak Djokovic, berhasil memenangi gelar ATP Finals 2022. Atlet asal Serbia ini juga mencatatkan dua rekor bergengsi dalam kariernya.

Novak Djokovic meraih gelar Nitto ATP Finals 2022 setelah mengalahkan Casper Ruud (Norwegia) pada partai puncak yang digelar di Turin, Italia, Minggu (20/11/22).

Tampil begitu meyakinkan, pemenangg 21 Grand Slam tersebut membekuk Ruud lewat dua set langsung dengan skor akhir 7-5, 6-3 dalam tempo 93 menit di Pala Alpitour.

Keluar sebagai kampiun ATP Finals 2022, Djokovic pun berhak mengantongi uang hadiah senilai 4,7 juta dolar AS (sekitar Rp737,87 miliar).

“Saya melewatkan beberapa pukulan forehand pada game terakhir ketika saya melakukan servis untuk itu,” ujar Djokovic menjelaskan detik-detik kemenangannya atas Ruud, melansir dari ATP.

Melakukan kesalahan di poin krusial membuat Djokovic sempat gugup setengah mati. Namun, mental dan pengalaman berbicara banyak bagi Djokovic sehingga dia bisa menaklukkan Ruud yang notabene rookie di ATP Finals kali ini.

“Saya gugup, tetapi saya sangat bersyukur bisa melakukan servis pertandingan dengan baik. Saya memiliki kartu as besar untuk menutup laga ini,” terangnya.

“Tujuh tahun (sejak memenangi gelar ini) adalah waktu yang lama. Pada saat yang sama, saya telah menanti tujuh tahun lamanya membuat kemenangan ini semakin manis dan berkesan,” lanjutnya.

Novak Djokovic, yang melewatkan Australian Open dan US Open tahun ini, telah mengantongi sejumlah gelar ATP Tour musim ini di Roma, Wimbledon, Tel Aviv dan Astana.

Gelar juara ATP Finals 2022 membuat Djokovic mencatat rekor baru dalam kariernya. Dia jadi petenis yang memenangi Nitto ATP Finals di tiga kota berbeda.