In-depth

5 Wakil Indonesia Terakhir yang Juara BWF Finals: Ganda Putri di Ambang Puasa Gelar 30 Tahun

Jumat, 25 November 2022 12:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Shi Tang/Getty Images
Berikut adalah lima wakil Indonesia dari setiap sektor, yang terakhir kali menjuarai ajang bulutangkis tahunan, BWF World Tour Finals. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Berikut adalah lima wakil Indonesia dari setiap sektor, yang terakhir kali menjuarai ajang bulutangkis tahunan, BWF World Tour Finals.

INDOSPORT.COM - Berikut adalah lima wakil Indonesia dari setiap sektor, yang terakhir kali menjuarai ajang bulutangkis tahunan, BWF World Tour Finals.

BWF World Tour Finals 2022 akan segera digelar di Bangkok, Thailand, pada 14-18 Desember 2022. Indonesia berharap salah satu dari wakilnya bisa meraih gelar juara.

Sejak pertama kali digelar di tahun 1983, Indonesia sangat mengandalkan sektor ganda putra untuk meraih medali emas.

Namun, sektor lain seperti ganda putri dan ganda campuran justru terlupakan. Sangat sulit bagi para pemain untuk juara. Bahkan, bisa dihitung jari dalam 30 tahun terakhir.

Berikut INDOSPORT merangkum lima wakil Indonesia terakhir dari setiap sektor yang meraih titel juara BWF World Tour Finals.

Ganda Putra

Dari generasi ke generasi, wakil ganda putra Indonesia silih berganti naik podium BWF World Tour Finals. Yang pertama adalah Eddy Hartono/Rudy Gunawan di edisi 1990.

Kini, orang Indonesia terakhir yang juara BWF World Tour Finals adalah Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, tahun 2019 lalu.

Pada BWF World Tour Finals 2020 yang dihelat di Thailand, Ahsan/Hendra juga melaju ke final, tetapi mereka kalah dan harus puas meraih medali perak saja.

Demikian pula saat BWF World Tour Finals 2022 di Bali, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya bisa mulus ke final, tetapi mereka diadang wakil Jepang dan akhirnya jadi runner-up.

Semoga di BWF World Tour Finals 2022 nanti, salah satu dari Ahsan/Hendra atau Fajar Alfian/Rian Ardianto bisa kembali naik podium tertinggi dan meraih medali emas.