In-depth

Haru! Pernah Juara BWF Finals, 3 Sosok Ini Sudah jadi Ayah dan Antar Anaknya ke Podium

Minggu, 27 November 2022 13:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Tony Marshall/EMPICS via Getty Images
Joko Suprianto, mantan tunggal putra Indonesia yang juara BWF Finals 1993 dan 1995, ayah dari pebulutangkis Bilqis Prasista. Copyright: © Tony Marshall/EMPICS via Getty Images
Joko Suprianto, mantan tunggal putra Indonesia yang juara BWF Finals 1993 dan 1995, ayah dari pebulutangkis Bilqis Prasista.

INDOSPORT.COM - Berikut adalah tiga sosok pebulutangkis yang pernah juara BWF Finals, kini sudah menjadi ayah dan jejak mereka dilanjutkan oleh sang anak.

BWF World Tour Finals 2022 akan segera digelar di Bangkok, Thailand, pada 14-18 Desember 2022. Indonesia berharap salah satu dari wakilnya bisa meraih gelar juara.

Perlu diketahui, BWF World Tour Finals ialah turnamen penutup dari rangkaian tur dunia, setelah turnamen bergulir pada satu musim.

Meski baru pertama kali diusung di tahun 2018, tetapi konsep turnamen Finals yang mempertemukan para pemain terbaik dari tiap sektor ini sudah ada sejak tahun 1983.

Para jawara tahun 90an lalu, kini tentu sudah menjadi orang tua. Tiga sosok berikut ini bahkan sudah bisa mengantarkan anaknya ke podium. Siapa saja mereka?

1. Joko Suprianto - Balqis Prasista

Salah satu pebulutangkis tunggal putra Indonesia yang paling sukses di gelaran BWF Finals adalah Joko Suprianto. Ia telah merengkuh dua titel juara, tahun 1993 dan 1995.

Pada BWF Finals 1993, Joko Suprianto sukses menjegal sesama wakil Indonesia, Hariyanto Arbi. Tahun 1995, ia menaklukkan sang juara bertahan, yaitu Ardy B. Wiranata.

Kini, hampir dua dekade, Joko Suprianto sudah menjadi ayah dan menularkan bakat bulutangkisnya pada sang anak perempuan, Bilqis Prasista, yang kini di Pelatnas PBSI.

Bilqis Prasista mencuri perhatian karena bisa menaklukkan tunggal putri nomor satu asal Jepang, Akane Yamaguchi di Piala Uber 2022 lalu, dengan skor identik 21-19, 21-19.

Bilqis Prasista juga meraih medali perunggu di turnamen Yonex Bonn International 2022.