In-depth

Rahasia Djokovic, Nadal, Federer Jadi Entitas Tak Terpisahkan Selama Bertahun-tahun

Rabu, 21 Desember 2022 21:13 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Action Images via Reuters/Andrew Boyers
Novak Djokovic, Roger Federer, dan Rafael Nadal di sesi latihan Laver Cup 2022. Foto: Action Images via Reuters/Andrew Boyers. Copyright: © Action Images via Reuters/Andrew Boyers
Novak Djokovic, Roger Federer, dan Rafael Nadal di sesi latihan Laver Cup 2022. Foto: Action Images via Reuters/Andrew Boyers.

INDOSPORT.COM - Big 3 tenis Novak Djokovic, Rafael Nadal, dan Roger Federer menjadi entitas yang sulit tergantikan selama beberapa tahun terakhir.

Trio petenis papan atas dunia ini masih sering mendominasi sejumlah turnamen ATP mulai dari level bawah hingga yang paling prestisius, Grand Slam.

Bahkan, dua nama pertama sampai saat ini masih eksis di lapangan dan nampaknya belum ingin berhenti memenangkan gelar dalam waktu dekat.

Novak Djokovic yang awal tahun ini terseok-seok di Australian Open berhasil comeback dan meraih gelar di beberapa turnamen.

Bahkan, tahun 2022 ditutupnya dengan trofi ATP Finals setelah mengalahkan wakil Norwegia, Casper Ruud, di final.

Di sisi lain, Rafael Nadal yang diketahui sedang berkutat dengan kondisi kebugarannya yang menurun, ternyata masih bertaji di lapangan tanah liat.

Gelar French Open 2022 berhasil digondolnya pada bulan Juni lalu, meski pada akhirnya mendulang hasil minus di gelaran ATP Finals lantaran hanya mentok di putaran grup.

Situasi sedikit berbeda dialami Roger Federer yang tahun ini memutuskan pensiun, setelah mengalami gangguan kebugaran dan absen lama dari turnamen.

Laver Cup pun jadi ajang perpisahan petenis kawak asal Swiss ini, yang turut dimeriahkan sesama rekannya di dunia tenis putra.

Meski demikian, Roger Federer tetap layak diperhitungkan mengingat ia masih rajanya Wimbledon di Open Era dengan raihan delapan gelar.