In-depth

Fenomena Pasangan Dadakan yang Justru Awet jadi Penguasa, Indonesia Kirim Wakil

Senin, 26 Desember 2022 18:45 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI.
Terdapat sederet pasangan dadakan yang justru awet menjadi penguasa di ranking dunia BWF hingga saat ini, dari Zheng Siwei/Huang Yaqiong hingga Apriyani/Fadia. Copyright: © PBSI.
Terdapat sederet pasangan dadakan yang justru awet menjadi penguasa di ranking dunia BWF hingga saat ini, dari Zheng Siwei/Huang Yaqiong hingga Apriyani/Fadia.

INDOSPORT.COM – Terdapat sederet pasangan dadakan yang justru awet menjadi penguasa di ranking dunia BWF hingga saat ini, dari Zheng Siwei/Huang Yaqiong hingga Apriyani/Fadia.

Selain itu ada pebulutangkis Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan wakil China Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi yang menjadi pilihan INDOSPORT untuk diulas balik kisah perjalanan mereka.

Mari membahas perjalanan awal perjalanan dari atlet badminton ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

1. Kisah Mula Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti Dipasangkan

Pensiunnya Greysia Polii usai menyabet emas Olimpiade Tokyo 2020 bersama Apriyani Rahayu, membuat jajaran pelatih ganda putri Indonesia memutar cara untuk meracik pasangan baru.

Apriyani Rahayu kemudian dicoba untuk dipasangkan dengan Siti Fadia Silva Ramadhanti. Pemasangan keduanya itu termasuk ‘judi’ besar bagi Indonesia.

Karena saat itu PBSI merombak Siti Fadia Silva Ramadhanti dengan pasangannya, Ribka Sugiarto, yang berstatus sebagai ganda putra lapis kedua Indonesia.

Namun siapa sangka jika ‘judi’ pelatih ganda putri Indonesia itu berjalan sesuai harapan ketika Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti langsung menggapai emas multievent SEA Games 2021.

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti semakin dielu-elukan ketika dalam debutnya di ajang BWF World Tour, mereka berhasil melesat ke final meskipun harus puas sebagai runner-up.

Kejutan kembali dibuat saat Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti berhasil menggapai gelar juara Malaysia Open 2022 yang merupakan turnamen Super 750, Malaysia Open 2022.

Apriyani/Fadia juga menggapai juara Singapore Open 2022 yang merupakan turnamen super 750. Rangkaian hasil itu membuat Apriyani/Fadia melesat ke peringkat 12 dunia per Selasa (20/12/22).

Hasil yang sangat di luar nalar mengingat ketika dipasangkan, pertama kali mereka menduduki posisi ke-210 dunia. Posisi ini bahkan membuat mereka jadi ganda putri yang ditakuti dunia.