Perkenalkan! United Cup, Turnamen Anyar Pembuka Musim ATP dan WTA 2023

Jumat, 30 Desember 2022 00:21 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Al Bello/Getty Images
Rafael Nadal, salah satu petenis yang berpartisipasi di United Cup 2023. Foto: Al Bello/Getty Images. Copyright: © Al Bello/Getty Images
Rafael Nadal, salah satu petenis yang berpartisipasi di United Cup 2023. Foto: Al Bello/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Jelang jadwal tenis 2023, para penggemar terlebih dulu disuguhi ajang United Cup yang baru pertama diselenggarakan di edisi kali ini.

Apa sih United Cup itu?

United Cup merupakan turnamen tenis internasional yang digelar di lapangan keras luar ruangan dan menyajikan penampilan para pemain dari sektor putra dan putri.

Mereka yang berpartisipasi di ajang ini merupakan pemain-pemain ATP dan WTA yang berlaga di bawah bendera negara.

Turnamen ini pun digelar sebagai ‘pemanasan’ alias pembuka tur ATP dan WTA yang akan bergulir lagi pada bulan Januari mendatang.

Waktu dan Tempat

Berdasarkan jadwal yang telah diumumkan, turnamen United Cup tenis ini diselenggarakan sejak 29 Desember 2022 sampai dengan 8 Januari 2023.

Meski akan tumpang tindih dengan sejumlah turnamen tenis yang sudah dimulai sejak awal Januari, misalnya Adelaide International, United Cup 2023 tetap menjadi tontonan menarik yang sayang dilewatkan.

Event ini pun digelar di tiga kota di Australia yakni Brisbane, Sydney, dan Perth - yang masing-masing mendapat jatah dua grup untuk dijamu.

Do you know?

United Cup tenis baru pertama kali diselenggarakan di edisi kali ini (Desember 2022-Januari 2023). Tim-tim yang turut serta pun bersifat mixed-gender yang akan memperebutkan maksimal 500 poin individu.

Di turnamen United Cup 2023 ini, penyelenggara sudah menyiapkan uang hadiah sebesar 15 juta dolar AS atau sekitar Rp234,5 miliar.