Denmark Punya 2 Pelatih Baru Jelang Malaysia Open 2022, PBSI Kapan?

Rabu, 4 Januari 2023 18:55 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© youtube.com/@Badmintondk
Anders Kristiansen mantan pebulutangkis Denmark yang kini jadi pelatih. (Foto: youtube.com/@Badmintondk) Copyright: © youtube.com/@Badmintondk
Anders Kristiansen mantan pebulutangkis Denmark yang kini jadi pelatih. (Foto: youtube.com/@Badmintondk)

INDOSPORT.COM – Berbeda dengan PBSI, Asosiasi Bulutangkis Denmark resmi mendatangkan dua pelatih baru jelang Malaysia Open 2023.

Melansir dari Badminton Danmark, Jonas Lyduch (42) dan Anders Kristiansen (43) ditunjuk untuk menjadi pelatih baru di National Elite Training Center (NETC) pada Selasa (3/1/23) kemarin.

Namun Anders Kristiansen nantinya akan berstatus sebagai pelatih paruh waktu karena masih akan bekerja di klub bulutangkis Solrod Strand dan Hvidovre Badminton Club.

Meski diumuman sebagai pelatih anyar jelang Malaysia Open 2023 pada 10-15 Januari nanti, namun baik Jonas maupun Anders bakal mulai bekerja pada Februari mendatang.

Jonas akan memulai kariernya sebagai pelatih di NETC pada 1 Februari mendatang, sedangkan Anders mulai bekerja pada pekan kedelapan.

Jonas Lyduch dan Anders Kristiansen didatangkan oleh Asosiasi Bulutangkis Denmark untuk membantu meningkatkan performa pemain selama latihan.

Keputusan ini juga sebagai persiapan untuk mendukung pelatihan tambahan sejak akhir 2022, dan sebagai persiapan untuk program latihan di musim 2023 dan 2024.

Kedatangan Jonas dan Anders juga guna meringankan pekerjaan empat pelatih nasional Denmark saat ini setelah Jakob Hoi memutuskan untuk berhenti sebagai pelatih Denmark.

Apalagi pengalaman yang dimiliki oleh keduanya juga sangat membantu, terutama Jonas Lyduch yang sebelumnya sempat menjadi asisten pelatih di Belanda, serta pelatih untuk U-17 Denmark.

Sementara Anders Kristiansen dulunya pernah menjadi pemain spesialis ganda dan mengharumkan nama Denmark di kancah internasional.

Di antaranyameraih medali perunggu di nomor beregu Piala Sudirman 2013, medali emas di European Men’s Team Championship 2010, 2012 dan 2014.