5 Petenis yang Bela Si Kontroversial Novak Djokovic

Rabu, 8 Februari 2023 19:50 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© REUTERS/Guglielmo Mangiapane
Petenis asal Serbia, Novak Djokovic, berhasil menjuarai turnamen ATP Finals 2022 usai mengalahkan petenis asal Norwegia, Casper Ruud, di Pala Alpitour, Turin. REUTERS/Guglielmo Mangiapane Copyright: © REUTERS/Guglielmo Mangiapane
Petenis asal Serbia, Novak Djokovic, berhasil menjuarai turnamen ATP Finals 2022 usai mengalahkan petenis asal Norwegia, Casper Ruud, di Pala Alpitour, Turin. REUTERS/Guglielmo Mangiapane

INDOSPORT.COM - Novak Djokovic pernah menjadi kontroversi saat dirinya memutuskan untuk tidak melakukan vaksinasi Covid-19. Keputusan ini rupanya didukung oleh sesama petenis hebat lainnya.

Sebagaimana diketahui, Djokovic adalah salah satu petenis terhebat sepanjang masa. Berbagai gelar dan rekor telah dia dapatkan di sepanjang kariernya.

Petenis asal Serbia 35 tahun itu juga baru-baru ini menyamai rekor 22 gelar tunggal Grand Slam milik Rafael Nadal usai memenangi Australia Open 2023.

Namun, keputusan tidak divaksinasi memaksa Djokovic harus absen di turnamen Australia Open dan US Open tahun lalu. Hal ini memang menuari pro dan kontra.

Untuk mengetahuinya, berikut lima petenis yang membela keputusan Djokovic tersebut.

John McEnroe

John McEnroe, legenda tenis Amerika Serikat, mendukung Djokovic selama kontroversi visanya di Australia tahun lalu, serta ketika dia tidak diizinkan berkompetisi di US Open.

"Jika dia memutuskan untuk tidak mendapatkan vaksin dan otoritas Australia mengatakan 'Anda tidak dapat pergi, kecuali Anda divaksinasi'. Dia berhak atas keyakinan itu," kata McEnroe.

McEnroe juga mengkritik US Open karena tidak mengizinkan Djokovic berlaga di turnamen tahun lalu. Pria 63 tahun itu mengatakan bahwa keputusan Djokovic tetap harus dihormati.

"Saya pikir itu lelucon. Dia punya keyakinan kuat dan Anda harus menghormati itu. Pandemi ini sudah lebih dari dua setengah tahun, dan gagasan bahwa dia tidak bisa bepergian itu adalah sebuah lelucon bagi saya," ucapnya.