In-depth

Wu Yibing, Sensasi Baru Tenis China Jagonya Pencetak Rekor Fantastis

Sabtu, 18 Februari 2023 17:55 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Kevin Jairaj
Petenis asal China juara Dallas Open 2023, Wu Yibing. Foto: REUTERS/Kevin Jairaj. Copyright: © REUTERS/Kevin Jairaj
Petenis asal China juara Dallas Open 2023, Wu Yibing. Foto: REUTERS/Kevin Jairaj.

INDOSPORT.COM - Nama Wu Yibing beberapa waktu lalu sempat menjadi perbincangan publik dan para penggemar olahraga tenis nyaris di seluruh dunia.

Gara-garanya, ia dinobatkan sebagai atlet pria asal China pertama yang berhasil memenangkan gelar ATP sepanjang sejarah, usai memenangkan Dallas Open 2023.

Di partai puncak, Wu Yibing berhasil menumpas perlawanan petenis tuan rumah, John Isner, dengan skor akhir  6–7(4–7), 7–6(7–3), 7–6(14–12).

Dalam perjalanannya menuju final, ia bahkan mengalahkan para pemain yang dari segi ranking berada di atasnya: Taylor Fritz dan Denis Shapolapov.

Berkat kemenangan di Dallas Open 2023, Wu Yibing tidak hanya meraih predikat pemain pertama dari Negeri Tirai Bambu yang menggondol gelar ATP.

Ia juga mengharumkan namanya dengan menjadi pemain China berperingkat ATP tertinggi sepanjang sejarah. Per 13 Februari 2023, rankingnya melesat hingga 39 lantai!

Saat ini ia bertengger di ranking 58 dunia dengan 793 poin, dan siap menggebrak panggung tenis lebih kencang lagi agar namanya makin dikenal dunia.

Kemenangan di Dallas Open 2023 memang sebuah booster tersendiri bagi Wu Yibing. Apalagi, ia tidak bermain di tur sejak Maret 2019 hingga Januari 2022 karena cedera.

Sepanjang 2022, pemain asal Hangzhou ini sempat berpartisipasi di US Open namun tersingkir cukup cepat di babak ketiga oleh Daniil Medvedev.

Lantas, siapa sebenarnya Wu Yibing ini? Kapan ia mulai berkarier di dunia tenis, kapan ia pertama kali terjun ke level pro? Berikut profil singkatnya.