In-depth

3 Fenomena Menarik di Ranking Baru ATP: Djokovic di Ambang Rekor, Petenis China Cetak Sejarah

Selasa, 14 Februari 2023 23:56 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Nir Elias
Ada catatan menarik di ranking tunggal ATP per Senin (13/02/23), yang melibatkan duo pemain top, Novak Djokovic dan Taylor Fritz. Foto: REUTERS/Nir Elias. Copyright: © REUTERS/Nir Elias
Ada catatan menarik di ranking tunggal ATP per Senin (13/02/23), yang melibatkan duo pemain top, Novak Djokovic dan Taylor Fritz. Foto: REUTERS/Nir Elias.

INDOSPORT.COM - Ada catatan menarik di ranking tunggal ATP per Senin (13/02/23), yang melibatkan duo pemain top, Novak Djokovic dan Taylor Fritz.

Meski berbeda generasi, keduanya berhasil mencatatkan sejarah penting dalam karier masing-masing saat ATP mengumumkan peringkat dunianya pekan ini.

Akan tetapi, bukan cuma keduanya yang menjadi highlight kali ini, karena muncul satu nama yang bisa dibilang kurang familier namun cukup mencolok: Wu Yibing.

Lantas, catatan-catatan seperti apa yang diraih trio petenis putra di ranking ATP pekan ini? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Novak Djokovic

2023 menjadi tahun yang manis bagi Novak Djokovic, setidaknya pada bulan Januari dan Februari ini, karena ia berhasil menjadi kampiun Australian Open.

Tidak tanggung-tanggung, gelar tahun 2023 tersebut menjadi raihan ke-10 Djokovic sepanjang sejarah Australian Open digelar.

Selain itu, petenis asal Serbia tersebut juga kembali ke puncak ranking dunia berkat tambahan 2.000 poin berharga yang ia peroleh setelah menang di Melbourne.

Pekan ini, ia masih bertengger di puncak ranking dengan 7.070 poin dan mendepak juniornya yang baru naik daun tahun lalu, Carlos Alcaraz Garfia.

Dengan bertahannya ia di ranking satu dunia, Djokovic pun bersiap mencatatkan rekor menarik yakni menyamai raihan legenda tenis putri, Steffi Graf.

Per 13 Februari 2023, Djokovic sudah mencapai 376 pekan di puncak ranking sepanjang kariernya. Ia selangkah lagi menyamai torehan Graf (377 pekan).