Lengkap! Daftar 16 Tim yang Lolos ke Piala Sudirman 2023, Indonesia Beruntung

Senin, 20 Februari 2023 12:06 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© BWF
Sebanyak 16 tim sudah memastikan lolos kualifikasi ke Piala Sudirman, termasuk Indonesia yang lolos lewat jalur ranking tim meski kandas di BAMTC 2023. Foto: BWF Copyright: © BWF
Sebanyak 16 tim sudah memastikan lolos kualifikasi ke Piala Sudirman, termasuk Indonesia yang lolos lewat jalur ranking tim meski kandas di BAMTC 2023. Foto: BWF

INDOSPORT.COM – Sebanyak 16 tim sudah memastikan lolos kualifikasi ke Piala Sudirman 2023, termasuk Indonesia yang lolos lewat jalur ranking tim meski kandas di Badminton Asia Mixed Team Championships 2023.

Diketahui, tim beregu campuran Indonesia gagal merebut posisi empat besar Badminton Asia Mixed Team Championships (BAMTC) usai dikalahkan Korea Selatan di babak knockout, Jumat (17/2/23) sore WIB.

Meski demikian, Indonesia tetap lolos ke Piala Sudirman 2023 melalui jalur ranking tim. Ranking ini ditentukan berdasarkan perhitungan poin di semua sektor.

Indonesia menyusul China yang sudah dipastikan lolos lebih dulu karena statusnya sebagai tuan rumah Piala Sudirman, tepatnya di Suzhou pada 14-21 Mei 2023 nanti.

Status China semakin sempurna karena mereka juga berhasil mempertahankan gelar juara BAMTC 2023 dengan mengalahkan Korea Selatan di partai final, Minggu (19/02/23) kemarin.

Zona Asia mendapatkan jatah 4 slot di Piala Sudirman. Keempat negara tersebut didapatkan dari tim yang berhasil melangkah ke semifinal BAMTC 2023.

Karena China mendapatkan tiket otomatis karena jadi tuan rumah Piala Sudirman, maka China digantikan Jepang yang berada di ranking dua dunia.

Jepang menyusul Thailand, India dan Korea Selatan yang sebelumnya telah mengisi tiga slot lain lewat jalur BAMTC 2023.

Sementara dari jalur ranking tim, selain Indonesia, Singapura, Malaysia dan Chinese Taipei juga memastikan lolos ke ajang supremasi beregu campuran dunia tersebut.

Dari Zona Eropa, ada empat negara yang juga telah memastikan diri tampil di Piala Sudirman 2023, yakni Inggris, Denmark, Jerman, dan Prancis.